Seberapa Efektif Sih Ngisi Ban dengan Nitrogen…??

Yeah… Sekarang ini makin banyak pengguna kendaraan yang menggunakan nitrogen untuk mengisi ban kendaraannya… Kini pun banyak stasiun pengisian nitrogen untuk kendaraan… Bahkan hampir di SPBU di kota besar pasti ada stand pengisian nitrogen dengan tarif berfariasi… Dengan memasang tulisan promosi nitogen lebih baik dan lebih nyaman untuk diisikan ke dalam kendaraan… Tapi apakah sebegitu efektifkah mengisi ban kendaraan kita dengan nitrogen…??

Oke, selanjutnya kita pasti sudah pernah tau kalau kandungan nitrogen dalam udara yang kita hirup ini adalah yang paling besar… Yup, udara kering mengandung sekitar 79% nitrogen, 20% oksigen, dan sisanya ada uap air dan gas lain termasuk karbon dioksida… Pelajaran kelas 3 SD sewaktu baru mengenal IPA nih :mrgreen:

Kandungan Nitrogen dalam udara... :roll:
Kandungan Nitrogen dalam udara… 🙄

Nah, sudah ingat kan…?? Lalu hubungannya apa dengan kita mengisi ban kendaraan dengan nitrogen…?? Begini nih penjelasannya… Bentar, gaya profesor dulu :mrgreen: … Anggap saja nitrogen yang dijual itu benar benar 100%, soalnya saya pernah liat tulisannya 100%, ga tau bohong apa gak :mrgreen:

Kita ceritanya lagi mengganti ban baru dan langsung diisi nitrogen yang katanya 100%… Langsung diisi kedalam ban kendaraan kita… Apakah isi gas di dalam ban kita bisa 100% berisi nitrogen…?? Jawabannya tentu saja TIDAK…!! Ingat, pada saat ban sudah nempel di velg, dalam ban sendiri sudah terisi udara bebas, tidak mungkin ruang dalam ban hampa udara… Katakanlah kita berhasil memasukan 80% nitrogen murni kedalam ban kita… Maka itungannya begini… 🙄

  •  80% nitrogen murni berhasil masuk…
  •  20% udara bebas telah mendiami ruangan dalam ban sebelum nitrogen murni masuk… (ingat, udara bebas memiliki kandungan 79% nitrogen…

Maka kandungan nitrogen yang ada di dalam ban kita sekarang adalah: ((79:100) x 20) + 80 = 95,8%… (note: penanggung jawab hitungan Budi dolanotomotif :mrgreen: )…

Yap, hasil akhirnya kandungan nitrogen yang ada di dalam ban kita setelah diisi nitrogen 100% adalah 95,8%… Hasilnya cukup lumayan, selisihnya cukup jauh dibandingkan kita mengisinya dengan udara biasa yaitu 16,8% sendiri… Yah, bisa dibilang cukup efektif lah kalau mengejar kandungan nitrogen dalam ban… Tapi kalau diisi nitrogen lebih enak atau tidak, setiap orang mungkin beda beda merasakannya… Saya sendiri juga mengisikan ban motor saya dengan nitrogen… Lha sewaktu ganti ban kemarin diberi stiker gratis pengisian nitrogen diseluruh outlet… Bagaimana dengan anda…?? Mau ngisi nitrogen atau ngisi angin di tukang tambal ban pinggir jalan…?? Ciao…

21 Replies to “Seberapa Efektif Sih Ngisi Ban dengan Nitrogen…??”

  1. biasanya kalo mau isi nitrogen, udara didalam ban dikeluarin di sedot sampe bannya mleot-mleot, baru diisi nitrogen, tapi yo tetep gak bisa 100%, karena yang 100% ( sempurna) hanya milik Allah SWT…

  2. masbro, isi artikelnya ga menjawab judul e…
    kemaren pas ngisi cairan anti bocor di pl##et ban, katanya harus diisi nitrogen juga.
    ga nanya-nanya emang kalo diisi udara biasa kenapa.. tar kalo mampir ta’tanya deh

  3. katanya lebih irit CMIIW…secara belum pernah ngisi gituan..eeh, nitrogen maksute 😉

  4. aku suka pake karena ada alat ukur tekanannya.

  5. Lebih empuk&ringan cpet abis,,tp Kalo kaki-kaki dah kurang sehat gleor-gleor lbih krasa

  6. bedane piye to,kang..?
    aku blm pernah,je… 😉

  7. Belum pernah pakai nitrogen

    ========

    Nonton Honda Modif Contest 2014, Hasil Modifnya Keren-Keren

  8. Ban mobilku pake nitrogen, tp gak tau bedanya apa.. Hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *