Yamaha R25 3 Silinder Buat Lawan Ninja ZX-25…??

ardiantoyugo.com – Kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R 4 silinder pada akhir tahun lalu memang mengejutkan… Setelah digosipkan bertahun tahun akhirnya Kawasaki Global membuka tabir mengenai kehadiran sang motor… Bertempat di Tokyo Motor Show 2019 motor ini keliatan juga batang stangnya… Kehadiran Ninja seperempat liter 4 silinder ini ternyata juga membuat pabrikan Yamaha tertarik untuk mengembangkan mesin seperempat liternya… Bukan mengikuti jejak Kawasaki untuk mengeluarkan mesin 4 silinder 250cc… Namun Yamaha dikabarkan mengambil langkah menghadirkan Yamaha R25 3 silinder… Weh, tentunya cukup menarik nih karena mengambil konfigurasi mesin yang berbeda dengan pabrikan lain…

Sebelumnya Yamaha sendiri juga sudah tidak asing dengan mesin berkonfigurasi 3 silinder segaris… Yamaha MT-09 sang naked sport juga menggunakan mesin 3 silinder crossplane crankshaft… Mesin 3 silinder tentunya memberikan torsi yang lebih nampol dibandingkan 4 silinder… Selain itu untuk mesin 3 silinder juga memiliki dimensi yang tidak selebar mesin 4 silinder segaris… Tentunya hal ini akan memberikan poin plus dari segi dimensi motor yang tentunya akan membuat handling menjadi lebih enak…

Yamaha R25 3 Silinder

Kehadiran Yamaha R25 3 silinder sendiri memang semakin menyeruak di tahun 2020 ini… Terlebih lagi ketika kehadiran update dari Yamaha R25 maupun Yamaha R3 (versi Eropa) tahun lalu tidak memiliki banyak perubahan… Yamaha terlihat seperti “menyimpan amunisi” lain yang dipersiapkan lebih matang… Tidak sedikit pemerhati otomotif roda dua yang menebak amunisi tersebut adalah Yamaha R25 maupun Yamaha R3 dengan konfigurasi mesin 3 silinder crossplane crankshaft layaknya Yamaha MT-09… Tentunya akan sangat menarik karena konfigurasi mesin yang digunakan diturunkan dari sang moge legendaris…

Konfigurasi mesin 3 silinder segaris tentunya berbeda banget dengan mesin 4 silinder segaris… Untuk mesin Yamaha MT-09 sendiri memiliki firing order 120 derajat… Dimana proses pembakaran di dalam mesin terjadi pada setiap 0 derajat, 280 derajat, dan juga 480 derajat… Sedangkan pada mesin 4 silinder proses pembakaran terjadi setiap 180 derajat… Dimana setiap pistonnya meledak secara bergantian dan berurutan… Selain dari segi torsinya lebih mantap, mesin 3 silinder juga akan menciptakan suara knalpot yang sedikit berbeda… Terlebih lagi ketika sudah diaplikasikan knalpot racing akan terdengar suara yang lebih khas…

Meisn dengan konfigurasi 3 silinder sendiri bukan lantas lebih inferior dibandingkan mesin 4 silinder… Untuk kelas moge alias motor gede, selain Yamaha MT-09 juga ada MV Agusta F3 dan juga Brutale 800 serta yang lainnya yang menggunakan konfigurasi mesin 3 silinder segaris… Jadi, opsi hadirnya Yamaha R25 3 silinder untuk menghadapi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan mesin 4 silinder bukanlah hal yang buruk…

Ekspor Masih Mantap

Kondisi market di Indonesia untuk motor sport, terlebih lagi motor sport kelas 250cc sendiri memang sudah mulai kurang bagus… Namun Yamaha Indonesia sendiri selama ini memang menjadi basis produksi dari Yamaha R25 maupun Yamaha R3… Pasar luar negri mulai dari Asia hingga Eropa untuk Yamaha R3 pun dari Indonesia… Yoi, YIMM merupakan basis produksi global untuk motor kelas 250cc dan 300cc untuk Yamaha R25 maupun R3…

Dengan kondisi tersebut sepertinya Yamaha akan lebih diuntungkan ketika akan menghadirkan Yamaha R25 3 silinder di Indonesia… Sebagai basis produksi untuk negara negara lain tentunya akan sangat mudah menghadirkannya di dalam negri… Sebuah opsi yang sangat menarik nih kalau beneran hadir di tahun ini… Setidaknya market motor sport di Indonesia tidak hanya didominasi mesin 2 silinder dan 4 silinder saja… Hasta mañana…

41 Replies to “Yamaha R25 3 Silinder Buat Lawan Ninja ZX-25…??”

  1. Secara torsi, R25 3 silinder tentu lebih spontan ketimbang zx 25 4 silinder… asal desainnya joss, saya percaya motor ini tidak akan menjadi penunggu gudang

  2. Penasaran sama torsi yang dihasilkan jika benar keluar adanya nanti

  3. kalo suara kenalpotnya mirip MV agusta yg sma2 3 silinder oke juga tuh

  4. kalaupun iya dibikin,. segmen penggunanya bakal beda nih, lebih cocok kalau jadi naked sport,. karena 3 silinder terkenal torsinya gedhe,.

  5. yang jelas lebih efisien
    jumlah komponen 25% lebih sedikit, seperti piston, stang psiton, klep dan lain-lain

  6. orang kayaknya bakal tetap pilih 4 silinder dibanding 3 silinder. pasti itu karena dianggap motor kentang kalau silindernya cuma 3

  7. Secara suara sepertinya akan beda beda tipis kerennya, entah perkara power. Yang jelas 3 silinder lebih mantap nih akselerasinya apalag kalu ngikut konfigurasi ala MT09

  8. Mantep, gak mesti 4 silinder buat Yamaha 3 silinder pun suarane wis apik

  9. Tapi saya lebih suka 4 silinder..
    tapi biasanya Yamaha kalau dari desainnya pasti keren.. jadi nilai plus

  10. klo desainnya di miripin sama R6 walau cuma 3 silinder pasti tokcerrr min, yg sekarangkan ga ada ubahan apa2 di bagian tailcovernya. jadi ya berasa gitu2 aja desainnya

  11. Harusnya dilawan dengan silinder yg lebih bayak bukan lebih sedikit

  12. serru.. asal desainya jangan acakadut aja kyak sekarang, kayak R6 gitu, walpun 3 silinder bakal di buru ,…

  13. Saya lebih suka 250 cc, 2 silinder
    tapi yg 2 tak.

    Hehehe

  14. Aku sih kurang percaya nih mesin akan hadir. Karena Yamaha ga terlalu mau menghadapi keperkasaan ninja. Yamaha lebih fokus ke Maxi deh kayanya

  15. Yang R25 tampang lele dumbo aja belum perna liat dijalanan wkwkwkwk

  16. Wah iki mah mung nuruti gengsi… Jor joran di pasar yg sempit…

  17. Mungkin aja sih, secara pasti harga bakal di bawah Kawasaki ZX25R, tapi waktunya kemungkinan ngak akan dalam waktu dekat

  18. Wah..wah wah… Kelas ini makin Rame aja persaingannya..

  19. Mesin 3 silinder tp harga dibawah 100 juta, andaikan zx25 di atas 100 jt,, menarik tuh

  20. Ngimpi, body belakang R25 aja gak berubah mau merubah mesin ekekekeke

    Itulah contoh komen FBH

  21. Serius yamaha mau ikutan?? R25 model sekarang aja blum pernah liat dijalanan. Gimana nantinya nasip yang 3 silinder. Yakin cuman ngandelin pasar ekspor???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *