Ganti Oli Honda ADV 150, 4000 km atau 6000 km Nih…

ardiantoyugo.com – Sebagai pengguna sepeda motor pribadi tentunya tidak asing dengan perawatan satu ini… Service dan juga ganti oli mesin yang sangat penting pernanannya… Menarik banget ketika melihat buku servis dan garansi Honda ADV 150 beberapa waktu lalu… Menurut buku servis tersebut ganti oli Honda ADV 150 ternyata lebih jarang dilakukan jika dibandingkan motor generasi lawas… Setia 2.000 km sekali…?? 4.000 km…?? Salah semua, menurut buku tersebut ganti oli mesin setiap 6.000 km sekali… Mantap banget ga tuh…?? Jujur saja saya juga kaget ketika membacanya… Karena biasanya saya ganti oli mesin motor paling lama setiap 2.000 km sekali…

Untuk penggantian oli mesin Honda ADV pertama kali adalah pada 1.000 km… Hal tersebut bebarengan dengan dilakukannya servis perdana… Selanjutnya servis kedua plus ganti oli mesin ketika motor sudah mencapai 6.000 km atau bulan ke 6… Nah yang cukup menarik adalah jadwal servis dan ganti oli berikutnya yakni pada 12.000 km atau bulan ke 12… Setelah itu baik servis dan ganti oli mesin lanjut terus kelipatan 6.000 km… Wih kok mantap sekali nih, cocok banget buat yang suka ngirit seperti saya 😆 …

Jadwal Servis dan Ganti Oli Honda ADV 150…

Ganti Oli Honda ADV 150

Melihat tabel perawatan motor satu ini memang terlihat cukup minim perawatan… Ganti oli Honda ADV 150 setiap 6.000 yang tertera pada buku sudah membuat terkejut… Tambah terkejut lagi adalah ketika melihat pergantian oli final drive yang disarankan setiap 24.000 km atau setiap 2 tahun sekali… Tambah mantap banget tuh, jadi dari awal beli baru akan diganti pada 2 tahun mendatang… Bener bener hemat dari segi perawatan…

Namun saya sendiri kok agak ngeri ngeri gimana gitu oli mesin motor yang diganti setiap 6.000 km atau setengah tahun sekali… Untuk oli Honda ADV 150 sendiri kalau tidak salah sih Honda SPX2 (Superior Protection Expert)… Oli khusus motor matic yang memang menggunakan tipe kopling kering… Untuk kapasitas oli mesinnya sendiri cukup 0,8 liter saja pada saat penggantian periodik…

Namun ketika melihat jadwal pergantian oli mesin yang 6.000 km sekali kok agak ngeri ngeri sedap ya 😆 … Maklum saja karena biasanya ganti setiap 2.000 km sekali… Apa memang oli dan motor Honda sekarang ini sudah dihadirkan benar benar minim perawatan… Bener bener kuat 6.000 km ga tuh olinya ya…?? Baca juga: Cara Setting Suara Keyless Honda ADV 150…

Ikut Buku Servis

Semakin bertambah bingung ketika ada anjuran ganti oli Honda ADV 150 setelah servis pertama… Anjuran yang tertera pada stiker tersebut adalah ganti oli setiap 4.000 km sekali… Mantap ga tuh, terus ini ngikut buku servis atau ngikut stiker yang ditempel setelah servis pertama…?? Tapi berhubung motornya sendiri jarang dipakai (bahkan 2 hari sekali saja belum tentu keluar garasi), sepertinya akan ngikut buku servis… Prediksi saya sih belum sampai 6.000 km sudah harus servis karena bakal sudah memasuki bulan ke 6…

Last, kita nantikan saja apakah pergantian oli jika menganut buku servis benar benar tidak ada masalah… Melihat tabel perawatan untuk servis dan ganti oli ADV 150 ini memang bikin seneng… Servis dan ganti oli perdana pada 1.000 km, kemudian 6.000 km, 12.000 km, 18.000 km, 24.000 km, dan seterusnya… Bener bener cocok diajak ngirit nih motornya 😆 … Hasta mañana…

43 Replies to “Ganti Oli Honda ADV 150, 4000 km atau 6000 km Nih…”

  1. motor lemot, performa rendah, kayaknya wajar segitu jadwal ganti olinya
    lhah nggak bisa lari, performanya dicekik, ya pastinya performa olinya juga nggak terforsir

  2. Menurut klaim AHM waktu pernah sesi tanya jawab dulu, makin kesini teknologi mesin Honda khususnya soal pelumasan semakin baik dan disempurnakan, maka jangan heran untuk oli motor tipe matic khususnya makin kesini makin panjang usia pergantiannya.

    Tapi tetep aku yo ngeri, tetep ganti per 2000km wae lah

  3. Nah ini. Di soedo pasti kelipatan 6000 sedangkan oli dan suhu di kita paling oli bertahan sampai 2000 km maksimal.
    Jadi kita harus lebih paham akan oli yang kita pakai. Sebab ini settingan untuk pasar global spedometernya

  4. Di honda pcx juga gitu min, ganti oli tiap 6000 km sekali
    Kyknya motor honda yg baru emang lama ganti olinya

  5. Ganti oli tiap 2 rb km aja mesinnya bledos, apalagi tiap 6 rb bisa langsung jadi fogging wekekekeke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *