Piknik ke Hutan Pinus Kalilo, Purworejo: Seger Bener…

Yeah… Beberapa hari yang lalu (sebenarnya sudah cukup lama) diajak temen temen SMP untuk mini reunian alias piknik… Tujuan kali masih menyusuri Pegunungan Menoreh yang merupakan deretan pegunungan yang membatasi wilayah Kulon Progo, Purworejo, dan juga Magelang… Memang saat ini cukup banyak wisata alam yang bermunculan di Pegunungan Menoreh… Susur menyusur jalan kok kayaknya semua sudah pada dikunjungi 😆 … Akhirnya ketemu salah satu tempat yang belum dikunjungi yakni Hutan Pinus Kalilo… Lumayan nih tidak terlalu menyeramkan kalau piknik ke hutan pinus, setidaknya tidak seseram memasuki Gua Kiskendo

Rute Hutan Pinus Kalilo, Purworejo…

Hutan Pinus Kalilo sendiri terletak di Dusun Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Purworejo… Meskipun letaknya sudah masuk Purworejo namun lokasinya sangat dekat dengan Kulon Progo… Hutan Pinus Kalilo ini hanya berjarak kurang dari sekitar 2 km dari jalan perbatasan antara Kulon Progo dan Purworejo… Lokasinya juga tidak terlalu jauh dengan Gua Kiskendo… Cukup jalan menuju ke arah barat melewati perbatasan antara Kulon Progo dan Purworejo… Setelah itu ambil ke arah kiri pada pertigaan kedua… Hutan Pinus Kalilo terletak di pinggir jalan…

Jika bingung dengan arah/rute Hutan Pinus Kalilo tenang saja… Di Google maps sudah terdeteksi titik lokasi Hutan Pinus Kalilo Purworejo ini… Dan jika kita lihat di Google maps memang lokasinya sudah memasuki daerah Purworejo… Namun memang tidak terlalu jauh dengan Kulon Progo, cuman beberapa kilo meter saja…

Hutan Pinus Kalilo, Purworejo…

Sebelum sampai di lokasi sebenarnya sudah disuguhkan deretan pohon pinus yang menjulang cukup tinggi… Sampai di lokasi sendiri saat ini sudah tersedia parkiran yang cukup luas… Berbeda dengan pertama kali saya dan juga temen temen SMP kesini yang masih belum tertata… Sekarang obyek wisata ini sudah mulai tertata rapi mulai dari parkiran, toilet, mushola juga sudah tersedia…

Memasuki Hutan Pinus Kalilo memang asri banget dan yang lebih asik lagi adalah masih cukup sepi… Berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan yang ada di Bantul, sudah terlalu ramai menurut saya… Di Hutan Pinus Kalilo ini masih sangat asri… Bahkan masih terdengar suara garengpung alias tonggeret serta suara burung burung liar… Masih mantep banget bagi yang mencari ketenangan atau mau meditasi mungkin 😆 …

Terdapat Watu Tumpang yang Cukup Unik…

Selain terseida beberapa spot foto di lokasi hutan pinus, ada juga beberapa spot foto yang lainnya… Yang lebih menarik lagi adalah adanya fenomena Watu Tumpang yang cukup unik dan menarik… Watu Tumpang ini masih berada di sekitar lokasi Hutan Pinus Kalilo… Sewaktu jaman dulu lokasi Watu Tumpang ini banyak yang memakai untuk meditasi oleh orang orang yang berkepentingan… Namun sekarang sudah dijadikan wisata alam, kemungkinan sudah tidak ada yang meditasi di sini…

Tidak boleh menaiki Watu Tumpang… Jika dilihat memang Watu Tumpang ini adalah bongkahan batu (kapur) yang sangat besar dan letaknya di bibir tebing… Yang lebih menariknya adalah batu sebesar ini hanya ditopang oleh sebagian kecil saja… Alas batu yang lainnya mengambang alias tidak ditopang bebatuan di bawahnya… Kalau menaikinya tentu bakalan merubah keseimbangan batu… Bisa bisa jatuh ke jurang bersama orang yang menaikinya…

Cukup recomended juga nih piknik ke Hutan Pinus Kalilo yang berlokasi di Purworejo… Selain tempatnya masih sangat asri, belum banyak yang mengetahui lokasi ini… Jadi masih sangat bisa leluasa berfoto foto ria tanpa harus mengantri dan bocor karena banyak orang… Buat camping juga sangat cocok karena lokasinya luas… Tersedia juga paket wisata lainnya seperti berburu sunrise di kawasan Hutan Pinus Kalilo ini… Hasta mañana…

2 Komentar

  1. Wah…. Jadi tahu kalo di purworejo juga ada hutan pinus. Videonya bagus,tapi kalo ada suara,atau dikasih tahu ini apa itu apa yang di videoin ,lebih keren deh. Agak gersang ya….

Tinggalkan Balasan