Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Susah Netral…

Yeah… Salah satu kendala sepeda motor dengan kopling manual seperti motor sport dan bebek sport adalah terkadang susah netral… Apalagi kalau motornya sudah cukup berumur, walaupun umur motor baru setahunan juga bisa sih… Hal ini pun juga pernah saya alami ketika menggunakan motor sport buat harian… Perseneling/gear susah dinetralkan tentu membuat jengkel… Perseneling terasa keras dan ketika berusaha dinetralkan dari gear 1 eh kelewat ke gear 2, atau sebaliknya… Bahkan temen saya yang penunggang TVS Apache 160 juga mengeluhkan hal yang sama… Motornya sudah banget buat dinetralkan, lama lama bikin emosi katanya… Terdakang sih saya juga sampe jengkel kalau motornya susah dinetralkan…

Dulu ketika memakai Bajaj Pulsar 180 UG4 memang pernah mengalami kendala motor yang susah netral ini… Kalau sedang ketemu kemacetan benar benar membuat tangan kiri pegel… Karena susah dinetralkan solusinya ya musti tekan terus tuh tuas kopling… Dulu sih solusinya kalau ketemu lampu merah musti berusaha dinetralkan pada saat masih jalan… Jadi sebelum berhenti sudah kudu netral, hal ini cukup mudah dibanding pada saat sudah berhenti… Tapi lama lama penasaran juga dengan penyakit susah netral ini…

Ketika motor susah netral mungkin akan langsung beranggapan kalau oli mesinnya kurang cocok… Hal ini juga bisa mempengaruhi… Temen saya yang pemakai TVS Apache 160 mengganti oli dengan merk yang beda dari biasanya… Pakai oli yang lebih encer yakni 10W – 30 dengan spesifikasi oli mesinnya sedikit lebih bagus… Terasa sedikit mudah dinetralkan, perbedaannya hanya sedikit banget… Kalau berhenti perseneling masing terasa keras dan kadang masih sangat susah dinetralkan… Kan sayang nih udah ganti oli yang lebih bagus tapi masih susah netral…

Setelan kopling di dekat mesin..

Penyebab motor susah netral… Karena sudah ganti oli dan perubahan belum maksimal, maka kemungkinan besar memang masalah tidak hanya berasal dari oli mesinnya saja… Lalu agak tertarik dengan tuas koplingnya nih… Tuas kopling motornya memang disetel ulang baru baru ini… Dan jarak ketika tuas kopling ditarik memang sedikit cetek… Lalu coba deh untuk mensetel ulang jarak kerenggangan tuas koplingnya… Coba setting ulang setelannya di bagian pangkal tuas koplingnya dan juga yang ada di bagian mesin… Coba deh utak atik mulai dari menambah jarak tuas kopling sampai dibuat semakin cetek setelannya…

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Susah Netral…

Tidak lupa dari berbagai macam setelan melakukan uji coba dulu… Coba dimasukan perseneling dan dinetralkan dalam keadaan berhenti setelah sebelumnya dibuat jalan sebentar… Dan benar saja, masalah yang menyebabkan susah netral adalah setelan jarak kopling yang kurang pas… Ketika jarak tuas koplingnya dibikin sedikit lebih jauh, sekitar 2 sampai 2,5an cm bisa dengan mudahnya menetralkan gear dalam kondisi berhenti sekalipun…

Masalah pun terpecahkan, cuman simpel yakni settingan tuas koplingnya kurang pas yang membuat motor susah dinetralkan… Setelan kopling yang cetek memang membuat tidak pegel saat macet karena lebih enteng… Tapi kalau menyebabkan susah netral ya akhirnya pegel juga karena harus menarik tuas kopling terus… Akhirnya setelan kopling dikembalikan ke posisi yang sebenarnya 😆 … Last, jika mengalami hal serupa yakni motor susah untuk dinetralkan coba setelan koplingnya dibuat akan jauh… Karena memang setelan kopling dari pabriknya sih biasanya memang agak jauh, bukan cetek… Cukup merubah setelan yang ada di pangkal tuas kopling atau yang ada di bagian mesin saja… Hasta mañana…

5 Komentar

Tinggalkan Balasan