Pilih Aki Kering atau Aki Basah, Mana Yang Bagus…??

Ini aki tipe MF yang menggunakan gel...

Yeah… Bagi para pengguna sepeda motor tentunya setiap motornya pasti memiliki aki atau accu yang sangat penting sekali fungsinya… Fungsi dari aki motor sendiri adalah sebagai sumber kelistrikan… Untuk menyalakan lampu lampu, starter elektrik dan masih banyak lagi… Bahkan untuk motor motor baru saat ini karena sudah menggunakan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi maka peranan aki menjadi sangat penting… Jika dulu motor karburator masih aman bertahun tahun kala aki tekor, kalau motor injeksi bisa bisa ga mau jalan tuh motornya… Nah, dipasaran sendiri ada dua jenis aki yang paling banyak dikenal yakni aki kering dan aki basah, lalu mana yang paling baik…??

Sebelumnya sedikit cerita yang sangat penting mengenai aki basah dan juga aki kering nih… Saya mendapatkan informasi menarik ini saat membeli aki Furukawa Battery di toko aki terbesar di Jogja… Dulu kebetulan aki motor memang tekor dan langsung gas ke toko aki… Nah di toko tersebut disajikan banyak sekali merk aki dan jenisnya… yang menarik lagi adalah ternyata ada 3 jenis aki yakni aki basah, aki kering, dan juga aki maintenance free… Wadaw, karena bingung saya minta deh itu dijelaskan satu persatu dari ketiga jenis aki tersebut… Dan inilah yang saya tangkap dari penjelasan mas mas pelayan yang begitu ramah menjelaskan…

  • Aki basah: aki jenis ini adalah aki yang sangat sering sekali dijumpai di sepeda motor jaman old… Mayoritas sepeda motor jaman lawas menggunakan aki tipe basah yang harus dilakukan pengisian/penambahan air akinya… Kalau sampai telat nambah air aki bsia bisa rusak tuh akinya… Baca juga: Tips Menambah Air Aki Basah…
  • Aki MF (bukan aki kering): Aki dengan jenis ini cukup praktis banget karena maintenance free alias bebas perawatan… Jadi tidak perlu setiap bulan menambahkan air akinya… Biasanya sih aki jenis ini menggunakan gel seperti Aki Motobatt yang juga menggunakan gel dan tidak butuh penambahan air aki… Isinya sudah dipasangkan ketika pertama kali membeli dan langsung disegel…
  • Aki kering: Nah, ini yang kadang membuat salah kaprah, bahkan saya juga dikatain salah kaprah sama masnya πŸ˜† … Aki kering ini katanya tidak mengunakan gel maupun air aki… Dan untuk aki kering ini tentunya juga maintenance free alias bebas berawatan…
Kalau aki basah musti rutin nambah air aki…

Nah, dari penjelasan yang panjang lebar tersebut ujung ujungnya saya menanyakan harganya nih πŸ˜† … Maklum saja aki yang saya cari adalah 9 Ampere, tentunya dari harga juga bakalan lebih mahal nih bila dibandingkan dengan aki yang lebih rendah… Selanjutnya adalah masalah keawetan dari ketiga jenis aki tersebut baik aki basah, aki MF, maupun aki kering…

Menurut penuturan mas masnya sih katanya dari ketiga aki tersebut yang tergolong paling awet adalah aki kering… Tapi harganya bikin mules mas bro, harga aki kering 9 ampere adalah 900 ribuan πŸ˜† … Langsung membandingkan keawetan antara aki tipe maintenance free dengan gel dan juga aki tipe basah… Untuk kedua aki ini sih sebenarnya imbang imbangan dari segi keawetan… Namun untuk aki basah asalkan bisa tertib menjaga air aki dikonsisi aman sih bisa lebih awet…

Nah, lo mikir lama deh tapi pastinya aki kering bener bener dicoret karena harganya mihils πŸ˜† … Setelah menimbang nimbang saya sendiri lebih pilih aki tipe MF dengan mempertimbahkan kepraktisan, ga perlu repot repot nambah air aki… Namun dari segi harga memang sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan aki tipe basah… Selisih harganya lumayan juga, sekitar 150 ribuan… Namun karena memang lebih praktis, jadi gel (sebagai air aki) dipasang pertama kali pada saat pembelian dan disegel… Tidak untuk dilepas lepas lagi katanya, kalau sudah tekor ya harus ganti yang baru…

Ini aki tipe MF yang menggunakan gel…

Maintenance Free yang dimaksud dalam aki tipe MF adalah tidak ada perawatan dari dalam akinya… Namun untuk perawatan pembersihan kutub aki sih masih tetap sama… Usahakan melakukan pembersihan dikutub aki yang positif maupun negatinya dari kotoran… Ga terlalu sering kok, saya sendiri melakukan pembersihan cuman 6 bulan sekali karena memang baru nampak kotor…

Last, jadi untk aki basah, aki MF, dan aki kering sih kalau menurut penuturan masnya lebih bagus aki kering (yang bener bener kering ya) karena lebih awet… Namun aki kering ini harganya sangat mahal… Jika ingin yang tetap maintenance free alias bebas perawatan dengan harga yang jauh lebih murah bisa melirik ke aki jenis MF yang biasanya menggunakan gel… Kalau saya sih pakai aki MF jenis gel saja karena eman duitnya kalau beli aki kering πŸ˜† …Β Hasta maΓ±ana…

4 Comments

Leave a Reply