Pasang Lampu Belakang Kedip, Bikin Pusing & Sakit Mata…!!

Foto ilustrasi saja…

Yeah… Ada yang pernah ketemu dengan pengendara yang pasang lampu belakang kedip kedip ala lampu disko…?? Saya sendiri beberapa hari yang lalu ketemu, meskipun sebelum sebelumnya juga sering banget menemui kendaraan yang lampu belakangnya kedip kedip seperti ini… Namun baru beberapa hari yang lalu cukup dibuat kesel… Lagi jalan malem malem dan kondisi lalu lintas Kota Yogyakarta yang cukup macet… Kok ya kebetulang banget di depan saya adalah mobil yang lampu belakangnya dimodifikasi dengan lampu yang kedip kedip ala anti-collision light sebuah pesawat… Bener bener ga enak banget karena bikin pusing dan selain itu juga sakit mata…

Di Jogja sendiri memang cukup sering menemui kendaraan (baik itu mobil ataupun motor) yang memasang lampu belakangnya jadi kedip kedip… Yang paling parang adalah ketika lampu belakang kedip kedip tersebut dipasang di mobil… Karena lampu belakang mobil sendiri pas dengan pandangan mata kita ketika naik kendaraan… Jelas saja langsung tepat kena mata… Bayangkan saja mata langsung terkena sinar lampu merah yang memiliki panjang spektrum 620 sampai 750 nanometer… Mata bakalan langsung sakit, minimal pedes dan juga kepala pun akan pusing karena lampu yang kedip kedip terus…

Yang cukup membuat jengkel adalah lampu belakang yang kedip kedip ya… Meskipun ada juga yang memasang lampu rem kedip kedip juga cukup menjengkelkan… Kalau lampu rem kedip kedip hanya menyala ketika dalam kondisi darurat seperti mengerem mendadak sih sepertinya cukup membantu mata cepat menangkap sinar lampu (kayaknya)… Namun saya sendiri justru belum pernah nemu yang seperti itu… Lebih sering ketemu sama mobil atau motor yang pasang lampu belakang kedip dan lampu rem kedip… Lampu rem kedip yang saya temui adalah ketika direm kedip kedip terus… Ini juga sama sama menjengkelkan apalagi kalau kondisi jalanan macet masti lebih sering ngeremnya…

Foto ilustrasi lagi…

Bagi yang memasang lampu rem belakang kedip kedip dipikir lagi deh…!! Kalau mash tetep mau pasang lampu belakang kedip kedip coba saja saya yang bawa mobil atau motornya di kemacetan lalu yang punya tepat di belakangnya… Pasti mata bakalan sakit dan kepala juga bakalan puyeng…!! Bukan hanya saya sendiri yang mengeluhkan penyakit lampu belakang kedip kedip ini… Temen saya yang disamping pun juga mengeluh kalau silau melihat lampu belakang kedip kedip…

Apa sih untungnya pasang lampu belakang kedip kedip…?? Dari bawaan dealer sendiri kendaraan bermotor di Indonesia saya beum pernah menemui yang lampu belakang standarnya dibuat kedip kedip… Yang ada lampu belakang ya nyala stabil ga pernah kedip kedip… Lalu tujuannya dibuat kedip kedip itu apa…?? Cuman biar mobilnya mirip pesawat yang punya strobe light dan anti collision light…?? Atau jika pasang lampu kedip kedip jadi berasa seperti nyetir pesawat…?? Saya sendiri yang dari dulu kepengen nyetir pesawat ga pernah pasang lampu belakang kedip kedip…

Last, bagi yang pasang atau kepengen pasang lampu belakang kedip kedip silahkan saja dicoba beberapa menit memandangi lampu merah yang kedip kedip cepet… Kira kira matanya sakit atau kepalanya pusing atau tidak…?? Kalau mau masang ya pasang saja lampu kedip kedip merah di atas stir kemudi atau di atas speedometer biar bisa dilihat sewaktu waktu kalau sedang berkendara… Dari pada sudah pasang lampu kedip kedip tapi yang liat justru orang lain kan percuma, mending dipasang di stri dan dilihatin sendiri tuh, lebih mantep… Hasta mañana…

4 Comments

  1. Kalo saya malah pernah kena jackpot…, Di jalan antar kota, malem2, hujan deres naik motor, dibelakang mobil patwal yang nyalain rotator LED biru…, jalannya pelan pula, pengen nyalip cuma kombinasi cahaya biru + air hujan bikin pandangan bener2 keganggu & ga bisa mengira2 jarak aman dari arah berlawanan…
    bener2 ga ada urgensinya nyalain rotator padahal cuma jalan pelan, berasa keren kali…, mungkin petugas yang ganteng2 itu sekali2 perlu menikmati kerennya lampu rotator mereka dari luar juga

  2. Parahnya dari mulai lampu depan yang kelewat terang sampai modifikasi lampu kedip tidak ada yg pernah ditilang atau ditindak. Kita pengendara normal bisa apa selain menghimbau. Akibatnya baik naik mobil maupun motor saya terpaksa mengurangi berkendara di malam hari akibat sinar lampu kendaraan lain yang makin kurang bersahabat.

Leave a Reply