Banyak Kejadian Rangka Honda CB150 Patah, Apa Sebabnya…??

Rangka Honda CB150 patah, nyesek... :sad:

Yeah… Belakangan ini kok muncul lagi kasus bagian rangka Honda CB150 StreetFire yang mengalami patah atau retak… Bahkan muncul beberapa foto yang sudah tersebar di internet mengenai seunit Honda CB150 StreetFire yang protol pada bagian triple clamp… Alhasil ban depan, suspensi depan, dan juga headlamp termasuk stang pisah dengan anggota tubuhnya yang lain hanya menyisakan sambungan kabel saja… Sebelum sebelum ini saya sendiri juga cukup sering mendengar kabar rangka patah Honda CB150 StreetFire… Baik melalui blog maupun yang muncul di media sosial seperti facebook… Lalu iseng mencari grup Honda CB150 StreetFire dan mencari informasi tentang rangka yang patah tersebut…

Ternyata di grup facebook Honda CB150 StreetFire juga tidak sedikit yang mengalami rangka patah maupun retak… Jadi memang ternyata benar yang saya baca baca diberbagai blog maupun yang disharing oleh temen temen di facebook… Cukup banyak yang mengalami rangka patah pada Honda CB150 StreetFire ini… Dan rata rata kebanyakan yang mengalami keretakan atau malah patah (sampe protol beneran) ada pada bagian rangka tengah… Jika dilihat dari samping maka akan nampak persilangan yang membentuk huru X… Nah, kebanyakan yang mengalami patah atau retak ada pada bagian tengah tengah X tersebut…

Rangka Honda CB150 patah, nyesek… 🙁

Jika kita lihat rangka dari Honda CB150 StreetFire ini hanya memiliki satu pipa saja dibagian tengah… Dan ketika dipusat X-nya memang hanya terdapat satu besi yang melintang dari triple clamp hingga ke bagian daerag footstep… Rangka model ini sebenarnya juga digunakan oleh Honda CBR150R… Dan untuk Honda CBR250R sebenarnya juga menggunakan rangka yang sedikit mirip yakni hanya satu besi turbular melintang… Namun untuk sudut sudut besi turbular lainnya memang sedikit beda… Lalu kenapa banyak banget rangka Honda CB150R StreetFire yang mengalami keretakan bahkan hingga patah ya…??

Jika sebuah rangka sepeda motor sampai patah tentunya bakalan nyesek banget… Kalau cuman soket yang patah sih bisa dibeli lagi dengan harga murah dan juga tidak terlalu banyak mempengaruhi “rasa” dari sebuah motor… Lha ini sampai rangka yang retak bahkan patah tentu yang punya bakalan puyeng setengah mati… Kalau beli rangka utuh jelas harganya tidak murah, belum lagi jasa memindahkan semua tetek bengek motor ke rangka baru… Kalau mau dilas sendiri bisa saja namun tentu saja sudah tidak kuat lagi… Ditambah besi sambungan seperti klem biar kuat…?? Mak, motor baru kok rangkanya sudah disambung pakai besi tambahan… Selain itu dari segi handling tentunya akan kacau karena tambahan besi yang tentunya tidak enteng…

Ternyata banyak temennya… 🙁

Apa sih penyebab rangka Honda CB150 StreetFire patah…?? Banyak yang berargumen kalau motornya kena lubang, tapi saya kaget juga membaca keterangan pada foto kedua… Melihat komentar komentar yang ada di foto ketiga ternyata banyak juga temennya yang sama sama pemakai Honda CB150 dan mengalami patah rangkanya… Melihat kondisi tersebut tentunya cukup horor, saya yang tidak punya motornya aja lumayan nyesek, tentunya bakalan pusing tuh yang punya…

Kenapa banyak terjadi pada Honda CB150 StreetFire…?? Di Honda CBR150 dan juga Honda CBR250R jomblo tidak terjadi tuh (CBR250R merupakan CBU)… Apakah karena motor sering kena lubang jalanan atau karena sering membawa beban berat…?? Atau karena kualitas dari rangka Honda CB150 StreetFire sendiri yang kurang kuat seperti rangka Honda CBR250R…?? Yang jelas bikin nyesek banget kalau motor yang digunakan harian sampai patah rangkanya… Tapi pernah lihat Honda CB150 StreetFire dipakai freestyle sampai jumpalitan gitu rangkanya juga aman aman saja… Entah misteri apakah yang menjadi penyebab dari patahnya rangka Honda CB150 ini… Yang jelas kalau sampai rangka patah ya nyesek banget… Hasta mañana…

37 Komentar

  1. nyesel beli cb150R, bru di pake 1 thun lebih udab patah, pas lgi touring naih lhi, patah pas lagi di tengah2 hutan, jauh dri permukiper warga, , terpaksa di paksaain jalanj alhasil patah kanan kiri

  2. Paling demen sasis produk yamaha,rigid,balanc,tebal,bagus las nya,enak handling nya…
    Berani taruhan ngak jemuran : rangka patah,shock pcx bengkok/sasis tidak simetris bakal di ” call ” ?
    Soalnya artikel supra gtr / cb klotok klotok dan top speed vario125 standar tembus 127 kpj,lalu pcx 2018 tembus 145 kpj ? ……jemuran nya menghilang

  3. Kalau mata awam saya sih lihat patahnya di bagian pipa yang deket bagian X las-lasan. Seperti titik berat ada dibagian situ. Saya malah meragukan materialnya daripada las-lasannya.

  4. Pas ditempat yg retak ato patah itu ada las2an sambungan 2 pipa kecil yg menjadi huruf X.
    Besi yg kena las sifat metalurginya pst rubah, jd lebih getas alias mudah retak.
    Positif ini gagal disain…

  5. artikel ini bisa bertahan lama gak ya..? wkwkwkwk… ntar kena ultimatum lagi, nyuruh hapus.. kayak kejadian diblog2 lain yg bahas..

    yang untuk freestyle itu dirangka yang rentan patah udah dikasih plat penguat seperti rangka cbr250r… dulu dibahas diblog ono trang benderang tapi karna sesuatu dan lain hal artikel itu dihapus..

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pendistribusian CB150R Merosot, Bakal Rilis Versi Faceliftnya...?? - Ardiantoyugo
  2. Nih Penampakan Penguat Rangka CB150R Terbaru...!! - Ardiantoyugo

Tinggalkan Balasan