Ayunan Langit, Kulon Progo: Memacu Adrenalin di Bukit Menoreh…

Yeah… Musim libur panjang lebaran tidak lengkap kalau belum cerita tentang jalan jalan pas liburan πŸ˜† … Meskipun sebenernya lebih banyak di rumahnya dari pada jalan jalan liburan… Maklum saja, biasanya kalau pas musim liburan tempat tempat wisata pada penuh sesak dipadati para pelancong… Salah satu alasan yang membuat lebih pilih di rumah nyantai dari pada pergi berlibur πŸ˜† … Tapi kok ya tetep saja diajakin main ke antah berantah bareng temen temen lama… Ya sudah langsung meluncur saja ikut meramaikan khasanah berlibur di hari raya Idul Fitri kemarin…

Berhubung acaranya dadakan dan mengingat sudah terlalu siang maka kali ini mengunjungi tempat wisata yang dekat dekat saja… Tujuan utama adalah ke Girimulyo alias Kulon Progo bagian utara, atau kalau saya biasanya bilang daerah Perbukitan Menoreh… Yagh, karena memang Kecamatan Girimulyo memiliki kontur geografis yang berbukit bukit… Wisata andalannya jelas wisata alam dengan beberapa pilihan seperti Puncak Suroloyo, Air Terjun Sidoharjo, Kebun Teh Nglinggo, Desa Wisata Kalibiru, Waduk Sermo, Air Terjun Kedung Pedut, Taman Sungai Mudal, Puncak Gunung Gajah, Curug Grojogan Sewu, Goa Kiskendo, Hutan Pinus Kulon Progo, dan masih banyak lagi yang lainnya…

Namun karena beberapa spot di atas sudah pernah semua maka kali ini memilih tempat wisata yang belum pernah disambangi… Ayunan Langit Watu Jaran, Girimulyo adalah tujuan berlibus kali ini… Awalnya saya juga baru tahu ada tempat wisata ini pada saat berangkat… Dilihat dari namanya sih lebih seperti arena bermain anak anak paud ya πŸ˜† …

Menuju ke Ayunan Langit Watu Jaran… Nah ini yang seru karena melewati jalanan berkelok kelok khas pegunungan… Bagi yang berasal dari arah Yogyakarta maka langsung saja menuju Jl. Godean, terus saja menyusuri jalan itu ke barat… Sampai di Perempatan Kenteng masih terus ke barat menyusuri Jl. Kaligesing… Sesampainya di Goa Kiskendo belok kanan ke Jl. Resi Subali, tinggal ke utara sekitar 1,5 km… Ayunan Langit Watu Jaran ada di sisi kiri jalan… Bingung…?? Tenang, tempat wisata satu ini sudah ada di Google Maps, tinggal search “Ayunan Langit Watu Jaran”… Bagi yang pakai mobil tenang saja, jalannya muat buat papasan mobil sekalipun… Tapi hati hati buat yang mabuk karena kemarin temen ada yang mabuk juga sesampainya di sana…

Sesampainya di sana benar benar ga nampak tempat wisata, hanya terlihat mobil dan motor yang terparkir rapi… Eh ternyata obyek wisatanya masih jauh di puncak sana πŸ˜† … Tiket masuk sekaligus ojek motor 15 ribu, termasuk juga tiket untuk Goa Kidang Kencono (kalau ga salah)… Musti naik ojek motor…?? Iya, karena jalanannya hanjur lebur plus jarak obyek wisata dengan parkiran cukup jauh yakni 1 km, apalagi jalanannya menanjak…

Setelah Β naik ojek motor yang cuman beberapa menit akhirnya sampai juga… Yang pertama dituju jelas warung untuk beli pop mie… Jauh jauh ke puncak gunung makannya tetap pop mie, benar benar tidak mencerminkan pola hidup sehat πŸ˜† … Sambil menunggu pop mie disajikan beli dulu tiket untuk main ayunannya… Tiket main ayunan 20 ribu untuk satu kali permainan… Setelah cukup kenyang meskipun sebenernya belum kenyang baru deh mainan ayunan…

Ternyata ayunannya terletak dipinggiran bukit dan diayunkan ke arah jurang… Wuih, greget nih apalagi backgroundnya suasana syahdu banget… Barisan kaki Bukit Menoreh yang berlapis lapis benar benar nampak lebih punya taste banget… Spot andalannya adalah Ayunan Langit tersebut… Tapi bagi yang tidak berani main ayunan di pinggiran jurang bis anyantai di gazebo sambil menikmati pemandangan… Atau berfoto dengan papan bertuliskan kata kata kekinian πŸ˜† …

Main Ayunan Langit yuk… Berhubung tadi sudah beli tiket pas menikmati pop mie, jadi ga terlalu lama ngantri main ayunannya… Sebagai seorang penantang maut (biar agak keren pas dibaca πŸ˜† ) jelas saya ikutan lah, harga diri coy mosok ginian ga berani πŸ˜† … Keamanan bagaimana…?? Tenang, sebelum mainan ayunan kita akan dipakaikan body harnes kok… Jadi pede saja main ayunan mau diayun sekuat apa…

Mau main ngadep ke bukit biar nampak wajahnya saat difoto boleh… Atau mau ngadep ke jurang biar lebih terasa gregetnya juga boleh… Berhubung saya ga seneng difoto maka pilih ngadep ke jurang plus bawa kamera meskipun sebelumnya diwanti wanti mas masnya karena agak beresiko… Tapi setelah diskusi bentar akhirnya diperbolehkan juga πŸ˜† … Ngayun ayun di atas jurang asik benerr…

Saat paling syahdu sepanjang hari adalah saat menikmati sunset dan malam, trust me…

Rasanya gimana…?? Jujur saja, saya sendiri biasa biasa aja tuh πŸ˜† … Ya ga jauh berbeda dengan main ayunan anak kecil di taman bermain… Cuman bedanya ini diayun ke arah jurang… Bagi yang merasa ngeri anggap saja jurangnya adalah tumpukan uang THR, tapi kalau bener bener takut ya terserah deh πŸ˜† …

Selain itu ada spot lain di pinggiran bukit dengan back ground masih barian Perbukitan Menoreh… Yagh, berfoto bersama papan yang bertuliskan kata kata kekinian khas anak anak muda… Untuk spot ini ga bayar, cuman ngantri aja kalau sedang banyak peminatnya… Mau foto sama semua papan kayu dengan semua kata kata juga boleh, cuman kalau pas antri paling bisa dilempar sama pengunjung lain ke jurang πŸ˜† … FYI, kemarin sempet ngobrol ngobrol sama bapak ojek motornya, katanya kemarin sebelum saya kesana pengunjung perhari sampai hampir 500an orang… Sangat banyak untuk obyek wisata baru yang belum banyak dikenal, apalagi lokasinya yang jauh dari perkotaan…

Cukup lama lagh di atas mainan ayunan sambil foto foto, karena kemarin ber tujuh meskipun ga semuanya main ayunan… Setelah sudah bener bener puas dan memang sudah mulai agak gelap akhirnya menyudahi acara piknik kali ini… Tadi naiknya kan naik ojek motor, turunnya gimana…?? Tenang, turunnya juga tetap memperoleh jasa ojek motor sampai ke parkiran…

Last, keren lagh Ayunan Langit Watu Jaran ini… Menawarkan sesuatu yang berbeda dengan obyek wisata di Kulon Progo lainnya… Bila wisata di Bukit Menoreh lainnya mungkin akan mudah dijumpai flying fox di pinggiran bukit… Tapi kali ini mainan ayunan dari pinggiran bukit yang diayun sampai ke atas jurang… Berani coba ga…??Β Hasta maΓ±ana…

1 Trackback / Pingback

  1. Hutan Pinus Magelang, Top Selfie Pinusan Kragilan... - Ardiantoyugo

Leave a Reply