Airbus A380 Plus, Still Unique Sih Memang…

Yeah… Masih di ajang Paris Air Show 2017, cukup mengejutkan ternyata Airbus memamerkan prototipe terbaru dari Airbus A380… Airbus A380 sendiri merupakan pesawat komersial terbesar dari keluarga Airbus… Pesawat yang kerap disebut dengan Mama Airbus ini mendapatkan sedikit ubahan dari Airbus A380 current… Yoi, pesawat yang terbang perdana pada tahun 2005 lalu ini sekarang mendapatkan sedikit facelit… Menariknya adalah Airbus memberi nama untuk update A380 ini dengan A380Plus yang sudah diperkenalkan pada tanggal 18 Juni lalu di Le Bourget, Paris, Prancis…

Berbeda dengan keluarga Airbus A320 maupun A330 yang mengalami facelift sekaligus mendapatkan “gelar” neo dibelakang namanya… Dengan penambahan nama plus pada A380 ini sepertinya memang masih akan menggunakan mesin yang serupa dengan Airbus A380 current… Empat buah mesin Rolls Royce Trent 900 atau Engine Alliance GP7200 masih dipercaya sebagai penghasil tenaga dari Airbus A380 terbaru ini…

Yang paling menarik perhatian adalah penggunaan winglet baru pada Airbus A380plus… Jika sebelumnya Airbus A380 menggunakan fence winglet, sekarang menggunakan winglet baru… Entah Airbus menyebut winglet baru pada A380plus ini dengan sebutan apa… Namun bentuknya yang seperti sharklet pada A350 dengan penambahan winglet kecil dibawah memang cukup mirip dengan split scimitar wingletnya Boeing 737 Max series… Baca juga: Fungsi Winglet pada Pesawat…

Meskipun sejak dulu tambahan winglet kecil pada winglet utama ini sudah diterapkan pada McDonnel Douglas MD-11… Sudah cukup lama winglet model ini tidak digunakan dan kembali digunakan oleh 737 Max dan akhirnya digunakan lagi oleh A380plus… Hal itulah yang menimbulkan debat cukup sengit antar fansboy Boeing dan Airbus diberbagai forum 😆 … Para penggemar Boeing menuduh Airbus selalu mencuri ide Boeing mengeai winglet ini… Mulai dari classic winglet yang ditiru menjadi sharklet, hingga split scimitar winglet yang ditiru pada Airbus A380plus… Ngomong ngomong seru juga mengikuti debat para fans boy Boeing dan Aibus, lebih seru dari pada debat para fansboy Honda dan Yamaha deh 😆 …

Klaim dari Airbus dengan penggunaan winglet baru tersebut akan semakin menekan konsumsi bahan bakar hingga 4%… Dan tentunya akan menekan cost per seat yang akan dibayarkan oleh konsumen… Selain itu juga bagian cabin pun lebih dioptimalkan dengan tambahan kursi hingga 80 tempat duduk tanpa mengurangi kenyamanan…

Hadirnya Airbus A380plus tentu saja untuk mendongkrak lesunya pemesanan dari pesawat super besar ini… Hingga akhir Mei 2017 sendiri Airbus A380 mencatatkan total pemesanan sebanyak 317 unit, sedangkan yang sudah dikirim mencapai 213 unit… Sebenarnya ga buruk banget sih penjualan A380 ini mengingat pesawat yang benar benar besar, bandingkan saja dengan A340 yang hanya terpesan sebanyak 377 unit… Baca juga: Airbus A340, Si Empat Mesin Berumur Pendek…

FYI, dulu sempat beredar rumor kalau Airbus juga akan menghentikan produksi dari A380 layaknya A340… Namun hal tersebut ditentang keras oleh Emirates… Ya wajar saja karena Emirate merupakan maskapai pemakai A380 terbanyak di dunia dengan total yang sudah dikirim mencapai 96 unit dari 142 pesanan… Dengan hardirnya A380plus mungkin saja Airbus belum akan menghentikan produksi dari Big Mama tersebut… Hasta mañana…

2 Comments

Leave a Reply