Sistem Kunci Kontak Honda CBR250RR Super Aman, Sekaligus Merepotkan…??

Yeah… Honda CBR250RR yang merupakan motor jagoan dari AHM saat ini memang mulai menjadi primadona… Segala kelebihan dan kecanggihannya membuat motor 250cc yang lainnya terlihat jadul… Dan saya sendiri beberapa minggu yang lalu berkesempatan untuk menghadiri press conference Honda CBR250RR yang diselenggarakan oleh Honda Jogja… Bertempat di Bebek Tepi Sawah Restaurant, Sleman, Yogyakarta sekaligus mendapatkan pengetahuan baru tentang Honda CBR250RR ini…

Semua hal tentang Honda CBR250RR ini dijelaskan secara rinci dan lengkap banget… Mulai dari pernak pernik yang nampak dilihat hingga tak kasat mata tidak nampak bila hanya dilihat dengan cara mengelilingi motornya… Nah, sampai pada sistem keamanan Honda CBR250RR ini yang membuat saya menarik… Karena Honda CBR250RR tidak dilengkapi dengan sistem pengaman kunci bermagnet sepert motor motor buatan AHM lainnya… Pastilah Honda memberikan pengaman kunci dengan teknologi lainnya… Gila saja mosok motor seharga 60 jutaan hanya dilengkapi dengan kunci konvensional seperti motor motor sebelum tahun 2010an…

Dan ternyata benar saja dugaan saya sebelumnya, Honda membekali sistem pengaman kunci kontak Honda CBR250RR ini dengan sangat aman… Ketika dipresentasikan memang sistem keamanan kunci Kontak Honda CBR250RR ini sangat amat aman sekali menurut saya pribadi…

Kenapa sistem penguncian Honda CBR250RR sangat amat aman…??

Jadi secara simplenya rumah kunci pada Honda CBR250RR tersebut mempunyai beberapa tingkatan (tiga tingkatan)… Tingkatan inilah yang membuat Honda CBR250RR menjadi super aman… Simplenya lagi kalau misal rumah kunci Honda CBR250RR dimasukan kunci motor lain maka jelas tidak akan berhasil memutar rumah kunci dan meng-on-kan… Namun bila menancapkan kunci secara paksa dan kunci dengan ukuran yang cukup panjang dan berhasil mencapai ketiga tingkatan tersebut maka rumah kunci Honda CBR250RR ini akan benar benar terkunci mati… Sekaligus ECU akan pingsan alias tidak bisa menghidupkan motor dengan cara apapun kecuali diresett lagi ECUnya…

Yoi, bila misalnya rumah kunci kontak Honda CBR250RR ini berhasil tertembus ketiga tingkatannya dengan kunci yang tidak sesuai maka motor pun akan mati total… Tidak bisa dihidupkan lagi meskipun di-on-kan lagi menggunakan kunci aslinya… Sangat aman karena bila ada pencuri yang akan mencuri dengan menggunakan kunci letter T dan berhasil memutar rumah kunci sekalipun maka motor ga bsia hidup sama sekali… Dan maling pun tidak akan bisa menggondol Honda CBR250RR ini, kecuali dimasukin ke truk sih semua motor juga ilang 😆 …

Nah, kalau malingnya pake truk dan berhasil gondol Honda CBR250RR gimana tuh…?? Tenang saja, untuk membuat hidup kembali Honda CBR250RR harus melakukan resett ECU di dealer Wing atau juga di Big Wing… Nah, ketika Honda CBR250RR ini dibawa ke dealer maka akan didata mengenai status kepemilikan motor tersebgut… FYI, AHM mencatat setiap pembeli Honda CBR250RRdan terdata semuanya… Dan kalau ada Honda CBR250RR ke dealer dan tidak sesuai dengan data kepemilikan jelas akan memunculkan kecurigaan tentunya… Cukup aman kan sistem penguncian Honda CBR250RR ini…??

Kenapa sistem penguncian Honda CBR250RR ini sekaligus merepotkan…??

Begini, sekarang ini kan anak kunci motor sudah pada panjang panjang mirip kepunyaan Honda CBR250RR… Jadi takutnya kalau ada yang iseng memasukan anak kunci yang tidak sesuai dan sampai menyentuh tiga tingkatan tersebut dan berhasil ngelock rumah kunci sekaligus mematikan ECU sementara yah merepotkan tentunya… Misal tetangga saya yang jauh dari dealer Wing punya Honda CBR250RR dan saya iseng biar motornya ga bisa dihidupkan gitu 😆 … Ya mau tidak mau harus menghubungi Wing Dealer untuk membawa Honda CBR250RR yang mati tersebut ke sana dan melakukan resett ECU…

Nah, itu kalau di rumah sih ga papa, tapi kalau misal dibawa touring gitu asik asikan ke antah berantah… Dan ada yang mau maling namun gagal, bisa bisa puyeng tuh yang punya…

Sistem Kunci Kontak Honda CBR250RR Super Aman, Sekaligus Merepotkan…??

Dengan sistem keamanan penguncian Honda CBR250RR yang super aman sampai sampai kalau ditancepin bukan kunci yang sesuai ini bisa membuat ECU mati suri alangkah lebih baiknya kalau AHM tetap membekali sistem penguncian bermagnet… Dengan sistem penguncian bermagnet yang bisa menutup lubang rumah kunci setidaknya bisa meminimalisir tangan tangan jahil… Dan juga setidaknya bisa mengulur waktu pencuri untuk bisa menancapkan kunci letter T ke rumah kunci Honda CBR250RR ini… Karena itu tadi, kalau berhasil tertembus sampai ketiga tingkatan dan berhasil ngelock dan ECUnya mati suri ya ga bisa ngapa ngapain lagi selain menghubungi Wing Dealer terdekat… Yang jelas hati hati saja memarkirkan kendaraan kesayangan agar terhindar dari musibah yang tidak disangka sangka… Hasta mañana…

About ardiantoyugo 2380 Articles
Ardiantoyugo merupakan seorang anak muda yang menyukai dunia otomotif maupun teknologi. Sejak kecil sudah menyukai dunia otomotif dengan cara menjadi mekanik mini 4WD yang masih sering terbawa sampai sekarang. Jangan lupa follow instagram ardiantoyugo...

14 Comments

  1. Maaf setahu saya di bagian kunci kontak ada pengaman berupa dioda , jadi saat dibobol dioda tersebut putus maka ecu mati sementara sampai kunci kontak diganti baru atau dengan mengganti dioda yang baru

  2. yg bisa ngelock ecu itu jika bukan kuncinya tapi berhasil memutar kunci, kalau hanya memasukkan kunci sembarang dan tidak berhasil memutar kunci ya tidak ada effeknya. untuk memastikan coba tanya pengundang.

  3. yg bikin ecu ngelock jika bukan kuncinya tapi berhasil memutar rumah kunci, kalau sembarang kunci dimasukkan dan tidak berhasil memutar kunci ya nggak ada efeknya.
    untuk pastinya coba tanya pengundang kemaren.

  4. sambil nunggu fitur tutup kunci bermagnet resmi dari AHM, sementara ini kalau mau aman, ya balik lagi ke teknologi kunci pengaman aftermarket di jaman RX-King dulu (tahun 90-an).
    yaitu pakai gembok penutup kunci yg dibaut ke segitiga komstir.

Leave a Reply