Di Bengkel Usahakan Memperhatikan Motor Kita…

Ini foto setelah beres...

Yeah… Sebagai pemilik kendaraan pribadi pasti tidak asing dengan yang namanya bengkel… Entah untuk perawatan kendaraan atau penggantian spare part… Entah sebulan sekali, setengah tahun sekali atau berapapun itu yang jelas kendaraan kita memang butuh perawatan setelah menjalankan kewajibannya mengantarkan tuannya… Nah, biasanya kalau sedang masuk bengkel jelas tidak membutuhkan waktu yang singkat… Untuk service saja misalnya pasti akan membutuhkan waktu yang lumayan lama… Belum lagi kalau antrian bengkel cukup banyak, pastinya akan menjadi penunggu di ruang tunggu bengkel…

Kalau sedang nunggu motor kesayangan diperbaiki/dirawat mekanik biasanya ngapain aja…?? Kalau saya sendiri sih biasanya nunggu antrian sambil baca koran atau majalah yang disediakan… Untuk mengusir kebosanan menunggu saja biar ga kepikiran kalau sedang menunggu… Itu kalau sedang menunggu antrian motor sebelum masuk pit… Setelah masuk pit dan akan segera dibenahi oleh mekanik biasanya saya menghentikan membaca koran/majalah tersebut… Dan pindah mengamati motor yang sedang dibongkar oleh para mekanik…

ganti-stang-jepit

Yoi, mengamati motor kita yang sedang dibongkar oleh para mekanik ini banyak manfaatnya lho… Selain sebagai mengusir kebosanan seperti halnya membaca koran/majalah tadi ada juga keuntungan lainnya… Dengan mengamati mekanik yang sudah terlatih menyervice motor maka kita akan sedikit paham bagaimana langkah langkah dan apa saja yang dilakukan pada motor kita…

Misalnya saja untuk bongkar karburator baut mana saja yang harus dilepas… Ganti lampu baut mana dan body mana saja yang harus ditanggalkan, dan juga masih banyak lagi… Dan ini jelas ilmu cuma cuma alias gratis yang dapat diserap… Keuntungannya dari ngamati pembongkaran…?? Jelas banyak banget…

Dari mengamati para mekanik membongkar motor motor saya di bengkel selama ini ada beberapa hal yang dapat saya peroleh… Sebelumnya dulu saya awam banget mengenai motor, kalau ada motor ya tinggal pake aja ga ngeti itu karburator sebagai penghias atau buat apa… Semakin sering mengamati jadi sedikit ngerti juga gimana bogkar karburator (meski mengembalikannya bikin sempoyongan), gimana cara ganti kampas rem sendiri, gimana cara ganti lampu sendiri, dan sebagainya…

Di Bengkel Usahakan Memperhatikan Motor Kita…

Jelas keuntungan juga karena kalau ada penggantian part atau perawatan kecil kecilan bisa diatasi sendiri… Lumayan menekan pengeluaran dari pada harus pergi ke bengkel bayar :mrgreen: … Dan keuntungan yang lain kalau misal di jalan terjadi apa apa jadi sedikit tahu apa yang jadi penyebabnya… Kalau bisa ditangani ya coba ditangani, kalau ga bisa ya kirimkan pesan mayday :mrgreen: … Jadi kalau ke bengkel jangan cuman bengong nunggu motor selesai atau cuman nunal nunul mainan hp android… Amati tuh motornya diapakan aja, jangan sampai juga diakali bengkel nakal gara gara terima beres dan ga tahu menahu… Hasta mañana…

8 Comments

  1. cuma beberapa bengkel resmi memasang tulisan, selain mekanik gak boleh masuk keruang servis tuh. memang sih ada ilmu yg didapat, cuma pengalaman pribadi juga pernh merhatiin, terakhir mekanik nya juga risih krna kerjaaannya dipelototin. memang sih manusiawi krna kalo kita sendiri ngerjain sesuatu sambil dipelototin agak gmna gitu.

  2. cuma beberapa bengkel resmi memasang tulisan, selain mekanik gak boleh masuk keruang servis tuh. memang sih ada ilmu yg didapat, cuma pengalaman pribadi juga pernh merhatiin, terakhir mekanik nya juga risih krna kerjaaannya dipelototin. memang sih manusiawi krna kalo kita sendiri ngerjain sesuatu sambil dipelototin agak gmna gitu.

  3. cuma beberapa bengkel resmi memasang tulisan, selain mekanik gak boleh masuk keruang servis tuh. memang sih ada ilmu yg didapat, cuma pengalaman pribadi juga pernh merhatiin, terakhir mekanik nya juga risih krna kerjaaannya dipelototin. memang sih manusiawi krna kalo kita sendiri ngerjain sesuatu sambil dipelototin agak gmna gitu.

Leave a Reply