Kapan Waktu yang Tepat Melumasi Rantai Motor…??

pelumas rantai motor

Yeah… Rantai bagi sepeda motor merupakan hal yang cukup vital peranannya… Tentu saja bagi sepeda motor bebek atau motor sport pada umumnya yang menggunakan rantai sebagai penerus tenaga dari mesin ke roda belakang motor… Untuk motor motor keluaran terbaru sendiri katanya saat ini sudah menggunakan rantai dengan o-ring… seperti halnya rantai OrangeJuss yang juga memakai o-ring… Namun ternyata penggunaan rantai ber o-ring cukup mendapatkan perhatian yang lebih dalam hal perawatan… O-ring merupakan bagian kecil yang ada di dalam rantai motor, dan ternyata o-ring ini cukup ringkih…

Merawat rantai motor ber o-ring seperti kepunyaan motor saya pun ternyata ada beberapa hal yang harus dihindari… Seperti contohnya tidak boleh membersihkan rantai dengan cara menggosoknya dengan sikat pembersih secara keras… Dan juga tidak boleh membersihkan rantai dengan cairan cairan kimia keras yang dapat dengan mudah merusak komponen rantai…

Saya sendiri pernah iseng membersihkan rantai dengan menggunakan solar dan sikat gigi bekas untuk menggosok rantai dan gearnya… Hasilnya bener bener bersih dan kinclong seperti baru :mrgreen: … Akan tetapi petaka muncul dibelakangnya, rantai hanya bertahan satu tahun karena ada dua ring bagian dalam rantai yang ambyar… Meskipun masih bisa jalan namun suara rantai menjadi berisik… Lagi pula untuk keamanan dan kenyamanan maka langsung saja saya ganti dengan rantai baru… Sejak saat itulah saya ga berani berani lagi membersihkan rantai dengan solar…

Untuk saat ini sendiri sudah banyak cairan pembersh rantai yang dijual di pasaran… Berbagai merk dan harga mulai dari yang 20 ribuan sampai 70 ribuan… Saya pernah menggunakan cairan pembersih seperti ini, plus pasangannya yaitu pelumas rantai… Hasilnya memang memuaskan tapi harganya bikin kantong ga puas :mrgreen: … Saat ini sendiri saya lebih memilih membersihkan rantai dengan cara menggosok dengan sikat halus plus cairan pembersih body motor dicampur air seperti halnya ketika sedang nyuci body motor… Hasilnya sih aman aman saja, rantai bersih dan masih awet sampai sekarang ga ada keluhan…

Ganti rantai motor... :roll:
Ganti rantai motor… 🙄

Untuk rantai dan gear motor yang sudah jelek saran saya sih segera ganti dari pada kenapa napa di jalanan… Rantai dan gear yang jelek bisa mengakibatkan rantai putus di tengah jalan… Nah, kalau sedang naik motor terus tiba tiba rantai putus, bisa bisa rantai ngegubet gear motor dan akibatnya laju motor pun bisa berhenti mendadak… Ujung ujungnya bisa gubrak juga, apa lagi kalau pengendara di belakang kita ga siap ngerem bisa langsung disikat kan serem…

Kalau memang rantai sudah berisik dan molor sampai setelan rantai mentok, gear pun sudah lancip lancip sebaiknya memang segera ganti saja… Harga rantai dan gear set sendiri beragam, untuk Revo 100 dulu kalau tidak salah 160 ribuan, kalau Pulsar memang mahal sekitar 400 ribuan… Tapi untuk Pulsar saya pakai yang bukan ori, merk indopart cuman 240 ribuan dulu :mrgreen:

Nah, tentu rantai rantai motor pun butuh pelumasan meskipun katanya rantai ber o-ring sudah memiliki sedikit pelumas di dalamnya… Tetap saja rantai akan kering dan berisik, ujung ujungnya rantai menjadi abrasif banget dan mengikis dengan cepat gear… Makanya diberikan pelumasan agar tetap awet dan terawat…

Untuk pelumas rantai sendiri ada banyak banget di pasaran… Saya sendiri biasanya pakai MTR Chain Lube atau WD-40, meskipun lebih sering pakai MTR karena WD-40 jarang banget di kota kecil tempat saya tinggal… Kalau darurat ga ada semuanya ya beli merk sembarang lah… Pernah juga saya melumasi rantai dengan minyak goreng karena kebetulan pelumas rantai habis :mrgreen:

Kapan Waktu yang Tepat Melumasi Rantai Motor…??

Yang jelas jangan sekali kali melumasi rantai dengan oli bekas… Wew, dijamin umur rantai akan cepat berakhir karena dalam oli bekas terdapat juga gram gram kecil banget hasil gesekan pada mesin… Lagi pula daya lumas oli bekas sudah sangat buruk untuk digunakan melumasi rantai motor…

Kapan waktu yang tepat untuk melumasi rantai motor…?? Saya sendiri sampai sekarang untuk soal melumasi rantai motor justru setelah motor selesai dipakai… Pikir saya karena motor yang telah dipakai bekerja maka rantai motor pun menjadi sedikit panas dan memuai… Nah, pada saat itu langsung saya semprotkan pelumas rantai… Harapannya pelumas rantai lebih meresap melalui celah celah kecil diantara o-ring tadi… Dan trik ini bisa meminimalisir pelumas rantai terbuang saat digunakan… Ketika melumasi rantai pada waktu sebelum berangkat maka pelumas biasanya nyiprat kemana mana termasuk velg… Jelas bikin velg jadi ga bersih lagi… Nah, kalau sesudah dipakai biasanya cipratan pelumas rantai tidak seekstrim ketika melumasi sebelum motor dipakai…

Cukup semportkan saja pada permukaan rantai dan gear belakang… Jangan lupa bagian gear belakang juga harus dilumasi, memang sedikit susah sih karena letaknya… Hati hati juga ketika melumasi rantai motor, temen saya ada yang kehilangan ujung jarinya ketika melumasi rantai motor… Yang jelas untuk rantai dan gear motor adalah hal yang cukup vital dan perlu selalu diperhatikan sebelum menggunakan motor sehari hari… Hasta mañana…

6 Komentar

  1. Cobain merk LJI penetran kemudian dilanjut LJI Chain Wax

    Waktu yang tepat ya abis motor dicuci, keringin (biasanya saya pake geber ditempat pake standar tengah), kalo rantai udah kering bersihin kotoran tebel dulu pake cutter baru puter roda sambil smprot penetran, tunggu sampe kotorannya luntur lanjut pake chain wax

    Old vixion saya dari bulan 1 2010 sampe sekarang belum ganti rantai nya, odometer 58ribuan

  2. WD 40 kyknya ga pas deh buat pelumas rantai,pas nya buat bersihin rantai,klo pelumas mending pake yang beneran chain lube

    klo mau pelumas rantai yang awet bisa tahan seminggu dua minggu,pake oli gardan aja
    tapi jangan kebanyakan

Tinggalkan Balasan