Taman Sungai Mudal, Wisata Alam Keren di Kulon Progo…

Taman Sungai Mudal (2)

Yeah… Pada saat mengisi liburan panjang Lebaran 1437 hijriah kemaren menyempatkan diri untuk berwisata tentunya… Setiap hari ngadep komputer terus jelas bikin puyeng pala berbi,, sekali kali lihat yang seger dan keren gitu… Nah, kebetulan penasaran dengan Taman Sungai Mudal, Kulon Progo yang dulu waktu pertama kali masih ditata agar terlihat lebih menarik (lihat di sini)… Penasaran banget kini jadinya seperti apa, denger denger sih sekarang tambah keren dan barusaja diresmikan oleh Pak Bupati Kulon Progo… Semakin menambah penasaran saja, langsung meluncur ke Taman Sungai Mudal yang bertempat di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta…

Pada perjalanan kali ini saya memilih rute melalui Kulur kemudian ke Jl. Sermo – Girimulyo… Bagi yang ga paham rutenya tenang saja, tinggal search di Google Maps dan langsung muncul pin Taman Sungai Mudal… Mudah banget kok rutenya, tinggal ngikuti jalan yang berkelok dan naik turun khas pegunungan… Jika sudah sampai di Desa Jatimulyo maka akan segera keliatan pintu masuk Taman Sungai Mudal… Jika gagal menggunakan GPS misal lost signal atau lainnya jangan kawatir… Gunakan Penduduk Sekitar alias bertanya pada masyarakat, bilang saja mau ke Desa Jatimulyo atau ke Taman Sungai Mudal… Masyarakat akan dengan ramah dan penuh senyum memberitahu jalannya, ini Kulon Progo, Yogyakarta men…!! Dimana masyarakatnya ramah tamah dan murah senyum ๐Ÿ˜Ž …

Ternyata Taman Sungai Mudal memang bener bener berbeda dari yang pertama kali saya datang kesini… Bahkan saya sendiri sempet pangling, “Bener ga nih Taman Sungai Mudal yang dulu, kok beda banget”… Saya sendiri menelusuri kawasan Taman Sungai Mudal dari bagian bawah… Dulu sih bagian bawah ini belum selesai ditata, jadi belum nampak keren… Tapi sekarang, begh…!! Superp pokoknya…!! Langsung disambut air terjun bertingkat tingkat dengan dasaran batuan kapur… Di bawah air terjun terdapat kolam semi alami yang bisa buat mandi seger… Kedalaman kolam ini sekitar 2 meter, dan kalau mandi namun takut tenggelam juga disediakan ban dalam buat pelampung… Tapi kolam ini bukan buat anak anak tentunya, kolam buat anak anak ada sendiri nanti…

Penasaran pengen ke atas karena ada rame rame di atas, sepertinya lebih banyak pengunjungnya di bagian atas… Kalau mau mendaki ke atas tenang saja ga usah panik karena jalannya sudah dibuatkan oleh penduduk sekitar… Baik jalan tanah yang sudah dibatasi dengan bambu agar tidak terpeleset maupun jembatan jembatan bambu untuk mempermudah menyeberangi sungai kecil dengan air terjun ini…

Air terjun kecil di mana mana, suara gemericik airnya bener bener syahdu banget… Ditambah suara burung burung liar yang masih gampang banget dijumpai, belum lagi suara hewan hewan yang lain… Terdengar selayaknya musik orkestra yang muncul dari alam…

Namanya sendiri Taman Sungai Mudal, jelas banget tempat wisata alam di Kulon Progo, Yogyakarta ini menonjolkan wisata taman yang sejuk… Terdapat berbagai macam tumbuh tumbuhan yang ada disekeliling Taman Sungai Mudal ini… Muali dari tanaman kecil kecil seperti berbagai macam bunga dan tumbuhan lain, terdapat juga pepohonan yang cukup rimbun… Asik banget kalau berteduh di gazebo gazebo yang dibuatkan warga untuk tempat istirahat wisatawan… Bener bener ga ngerasa panas di Taman Sungai Mudal ini, yang ada adalah aura sejuk dengan udara yang seger banget…

Saya sendiri bener bener menikmati susunan air terjun mini yang banyak sekali dijumpai di Taman Sungai Mudal ini… Setiap kali naik tangga pasti terdapat air terjun di samping tangganya, bener bener seger banget… Airnya pun super jernih padahal beberapa hari sebelumnya sempet kebanjiran katanya… Saya sendiri sempet berwudhu dengan air yang terdapat di salah satu air terjun untuk sholat Ashar karena cari cari tempat wudhu ga ketemu :mrgreen: … Wuh, rasanya bener bener seger banget, langsung “ces” saat mebasuh muka… Dan jangan salah, meskipun air ini adalah air pegunungan asli tapi ga ada manis manisnya lo ๐Ÿ˜† … Karena air yang bagus, bersih dan alami adalah tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna…

Saya sempet blusukan naik ke atas sampai mentok dan mendapati sumber mata air yang mengalir ke air terjun mini yang jumlahnya banyak… Letaknya di atas tidak terlalu jauh dari kolam berenang untuk anak anak… Dan memang sumber mata air ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk menunjang kehidupan sepeti mandi, memasak dan lainnya… Terdapat beberapa pipa yang terhubung ke penampungan air untuk warga… Tapi tenang saja, pipa pipa ini tidak nampak ketika berada di kawasan wisata Taman Sungai Mudalnya karena jalurnya berbeda… Dan hanya nampak kalau mau iseng blusukan seperti saya ini :mrgreen:

Taman Sungai Mudal, Wisata Alam Keren di Kulon Progo…

Gimana…?? Masak ga kepengen ke sini…?? Wisata alam yang bener bener masih terjaga di Kulon Progo, Yogyakarta, tepatnya di Perbukitan Menoreh… Bener bener recomended pokoknya kalau kesini, dijamin ga nyesel sama sekali… Wisata alam di Kulon Progo, Yogyakarta, sendiri memang sepertinya lagi bergairah belakangan ini… Kalibiru yang sudah dikenal diluar kota sampai ke Jakarta sana… Tidak ketinggalan wisata alam lainnya yang tidak kalah bagus seperti Puncak Gunung Gajah, Air Tejun Kedung Pedut, dan Taman Sungai Mudal ini… Yang jelas kalau sedang liburan ke Jogja ga mampir ke sini jelas rugi karena masing masing tempat wisata menonjolkan spot wisatanya masing masing… Hasta maรฑana…

5 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Daftar Tempat Wisata di Jogja Keren dan Anti Mainstream...

Tinggalkan Balasan