Watermark, Bagi yang Ga Mau Gambarnya Dicuri…

Ciee ciee sepeda-motor.info kamu ketauan...

Tampak kiri Yamaha V75...

Yeah… Satu lagi tips bagi yang sering upload foto tapi ga kepingin fotonya digunakan orang lain… Bagi sebagian orang memang penggunaan gambar miliknya oleh orang lain cukup menjengkelkan… Apalagi penggunaan gambar tersebut tidak melalui ijin terlebih dahulu, pastinya akan semakin menambah kejengkelan… Bahkan beberapa waktu lalu sempet ramai juga tentang masalah ini… Yang punya gambar ga terima atau tepatnya merasa terganggu gambarnya digunakan orang lain… Dan entah ujungnya gimana tuh, saya ga mengikuti kelanjutannya…

Saya sendiri sih silahkan saja menggunakan gambar yang saya upload di internet… Sebelumnya saya pasti sudah memikirkan gambar yang sudah saya upload ada kemungkinannya akan digunakan oleh orang lain… Makanya saya hampir ga pernah upload foto saya lagi selfie :mrgreen:

Nah, kemaren kemaren saya menemukan juga foto upload an saya beberapa tahun lalu digunaka oleh orang lain… Kalau sekedar digunakan saja sih ga papa, saya sendiri mempersilahkan… Tapi yang menggelitik adalah foto saya tersebut dikasih watermark situs yang mengupload ulang foto saya…

Ciee ciee sepeda-motor.info kamu ketauan...
Ciee ciee sepeda-motor.info kamu ketauan…

Foto tersebut adalah penampakan Yamaha V75 pasca restorasi yang saya ceritakan kemaren (klik di sini)… Saya sendiri memang sudah pernah mengupload foto tersebut beberapa tahun lalu di blog karena memang restorasinya juga sudah lama… Waktu itu saya memang tidak menambahkan watermark ke foto tersebut… Eh tidak disangka teryata digunakan sepeda-motor.info dan dikasih watermark dia :mrgreen: … Itu yang heran, masih musim ya foto jepretan orang lain dikasih watermark situsnya sendiri…?? Saya pikir itu sudah hilang saat ini karena dulu jaman Jurassic Park sempet banyak terjadi…

Ya bukan gimana gimana sih, tapi mbok please deh… Silahkan saja menggunakan gambar orang lain, saya juga kadang menggunakan gambar orang lain… Tapi ya gambar/foto yang dihasilkan dari orang lain tersebut jangan diaku aku dengan menambahkan watermark lalu diupload ulang lah, kasian kan… Sukur sukur malah di bawahnya dikasih credit, bukannya ditambah watermark sendiri…

Nah, sebenernya ini juga bukan pertama kalinya gambar saya dicatut orang lain dan dikasih watermark dia :nasip: … Bagi yang ga mau gambar/foto uploadadnnya dicuri orang lain dan dikasih watermark dia maka bisa antisipasi dengan ngasih watermark duluan pada foto sebelum kita upload ke internet… Dengan dikasih watermark tersebut memungkinkan orang lain akan semakin sulit untuk menimpali watermark kita dengan watermark dia…

Tapi meskipun sudah dikasih watermark, gambar yang saya upload juga pernah dicuri orang lain… Saya memang kebiasaan memberi watermark di pojok kanan bawah foto, harapan saya tidak mengganggu “isi” dari foto tersebut… Tapi naasnya pernah watermark saya dicrop (karena letaknya di pojokan) dan dikasih watermark ulang oleh orang lain… Nah, yang beginian memang bener bener termasuk golongan orang orang yang merugi :mrgreen: … Entahlah, ya mau gimana lagi karena memang pengguna internet itu buanyaknya minta ampun… Dan karakter seseorang tentu beda beda, ada yang baik ada juga yang mental pencuri, tapi kenapa dianggap lazim (hayah :mrgreen: )… Yagh setidaknya kita sudah berusaha agar gambar/foto kita tidak dicuri oleh orang lain dengan memberinya watermark… Hasta MaΓ±ana…

25 Komentar

  1. Aku juga sering dicomot fotonya mas. Terus temenku yang fotonya pake watermark malah ditimpa watermaknya. Ah dasar yang otaknya cuma copas tanpa sumber mah tetep aja ngelakuin berbagai cara ffftt

  2. Klo gambar2 di blog saya selalu saya kasih kredit sumber gambarnya. Takutnya nanti dituntut dan harus bayar ganti rugi. Pernah baca blogger yang dituntut membayar $700 karena menggunakan gambar tanpa memberi kredit. Jadi ngeri sendiri ha ha ha………

Tinggalkan Balasan