Hati Hati Ketika Menggunakan Lem Gasket/Sealer…

Menggunakan lem gasket

Yeah… Ini adalah cerita pengalaman saya ketika menyelusuri jalanan tidak nyata di Pegunungan Menoreh kemarin… Setelah cukup puas menikmati Air Terjun Kedung Pedut maka langsung meneruskan perjalanan… Motor baru menempuh perjalanan sekitar 3 km pas melibas tanjakan mesinnya kaya mau mati… Di gas gede malah makin brebet seperti kehabisan bahan bakar, tapi kalau stasioner masih bisa hidup terus… Saya kepikiran jangan jangan bensinnya ga mau turun seperti kejadian sebelumnya… Coba cek selang dari tanki ke karburator ternyata lancar lancar saja tuh… Coba kuras karburator melalui baut pembuangan dan isi lagi, tetep ga mau kalau di gas gede…

Sebelumnya motor ngambek pas ditanjakan, jadi di tengah tengah tanjakan langsung berhenti… Menahan motor agar ga turun bener bener bikin sesek… Untuk saja ada orang dipinggir jalan yang mau bantuin dorong… Motor gendut itu didorong sampe empat orang 😯 … Memang terasa berat banget, dorong dua orang nyesek, tiga orang bisa sih pelan pelan, empat orang baru lancar…

Ya sudah terpaksa bongkar karburator nih berarti, sepertinya memang karburatornya ga beres… Padahal baru sekitar 2 mingguan saya service… Dan untung saja ga lama kemudian diberitau kalau ada bengkel kecil yang bisa bongkar karburator… Sebenernya bukan bengkel sih, tapi tambal ban… Ya sudah langsung ke sana karena toolkit di motor ga lengkap…

Lem gasget bagus

Langsung saya minta untuk dibongkar karburatornya, berhubung bapaknya belum pernah bongkar Pulsar maka sedikit saya bantu… Dan ketika karburator dibongkar isinya kotoran semua 😯 … Masalah ada pada lem gasket/gasket cair/sealant/sealer yang digunakan untuk merekatkan mangkuk karburator… Lem gasket yang digunakan tidak kuat dengan terpaan pertamax… Alhasil lem gasket langsung ambyar dan mengotori isi karburator, bercampur dengan bahan bakar… Karburator pun jadi kotor karena adanya kotoran yang masuk…

Sekedar saran dari kenalan saya yang merupakan tim riset salah satu produsen gasket, sangat menganjurkan untuk menggunakan gasket merk ThreeBond… Katanya merk ThreeBond sudah dia uji dan cukup kuat untuk mesin, ketahanan panasnya pun cukup diacungi jempol…Tapi gasket yang digunakan untuk menyealant karburator ini entah menggunakan gasket apa, telihat tidak kuat memang… La kena bensin saja bisa ambyar sampe begitu, jadi seperti puding yang belum jadi dan membuat karburator macet alias tersumbat…

Nah, dari pengalaman di atas hati hati bagi yang sering membongkar sendiri motornya bisa menggunakan lem gasket yang kuat… Atau pilih ThreeBond sesuai rekomendasi tim riset dari salah satu supplyer lem gasket di Indonesia tadi… Bukannya mau promosi, wong saya ga dapet duitnya, tapi cuman mau berbagi… Kalau kejadian seperti saya kan bisa runyam juga… Hasta mañana…

About ardiantoyugo 2386 Articles
Ardiantoyugo merupakan seorang anak muda yang menyukai dunia otomotif maupun teknologi. Sejak kecil sudah menyukai dunia otomotif dengan cara menjadi mekanik mini 4WD yang masih sering terbawa sampai sekarang. Jangan lupa follow instagram @ardiantoyugo...

13 Comments

  1. Pak.. Sebaiknya bapak pelajari dulu penggunaan tribone itu seperti apa.. Karena memang tribone tidak bisa kena bensin pak. Supaya bapak tidak salah dalam memberikan penilaian.. Seorang teknisi biasanya membersihkan bekas tribone justru menggunakan BBM.. Entah bensin atau pertamax..

    Salam

  2. wah, baru taw kang seal karet di deket karbu di lem jg … saya biasa bongkar sendiri dan bersihkan karbuny si supra fit jadul langsung pasang kembali tanpa lem aman aman saja karbuny jg gk merebes minyaknya smpe sekarang ….

  3. Woalah, kemarin aku buka karbu Pulsar 200 punya ponakan, kalo gak salah pulsar model lama UG3 ya? Ini kasusnya mirip, dia biasanya ke bengkel pulsar, entah kenapa kmrn malah kerumah om gantengnya ini 🙂
    Sbnrnya gak ada kasus apa2 sama karburator, cm mau servis aja. Pas bongkar karbu, ternyata sama kya pulsarnya si om ardiyanto, dipakein lem paking (disini bilangnya lem paking).
    Jadi gini, kasus karbu yg dipakein lem paking itu bukan cm ada di pulsar, tapi di karbu yg sering bongkar pasang dan masang bautnya kadang suka maksa kenceng bgt. Akhirnya lobang baut karbu jadi aus. Kalo mau gampangnya ganti karbu, tapi kebanyakan Mekanik ngakalin dgn cara pake lem paking. Cuma Mekanik jg manusia, kadang ngantuk, kadang bengong (kapan bisa beli sportster), jd kadang ngasih lem pakingnya suka kurang rapih, istilah sininya bleber..hehehe.. Nah sisaan yg kurang rapih itu seringkali ada di bagian dalam karbu, jadilah itu lem becampur bensin.
    Mengenai lem paking, beda merk kadang beda kebutuhan. Ane pake merk lain yg warna merah. Aman? Aman donk, kan ngerjainnya rapih.. :p
    Kalo saran ane, itu pulsar udh terlalu bersejarah. Mau dipake sampe rontok? Sayang kan ? Mengingat sejarah panjangnya. Mendingan dirapihin, simpen2 di ruang tamu buat kenang2an, si mas pake motor baru buat operational. Di jamin hati tenang dan senang.
    Cause that’s what I did with my old bikes. Salam superr..

  4. tanya om, knapa karbunya mesti di kasih lem gasket?, sil nya dah bocor ya?, klu iya knapa ga diganti aja silnya biar ga bocor?, susah nyari nya?, kan karbu pulsar sama dgn punya byson/thunder, tinggal beli karbu kit dri salah satu motor itu pasti dapet sealnya..
    maap om bukan ngejugde bengkelnya ga bagus, cuma aneh aja ada karbu dikasih sealer cmiiw..

Leave a Reply