Akhirnya Membuat Rekening BCA Tabunganku…

Rekening tabunganku

Yeah… Ini cerita kemarin hari Kamis blusukan ke kantornya orang, bank lebih tepatnya… Kantor Cabang BCA Wates terletak di Jl. Brigen Katamso, cukup mudah ditemukan… Sebenernya saya paling males kalau ngurus ngurus apapun itu apalagi ke kantornya orang… Tapi mau gimana lagi, saya sudah bertekat untuk membuka rekening BCA baru pada malam harinya… Sebenernya saya sudah mempunyai satu rekening BCA yang saya buat sejak lama, tapi kali ini mau buat rekening BCA Tabunganku…

Tabunganku kalau ga salah merupakan program pemerintah untuk perseorangan biar gemar menabung… Tidak hanya BCA saja, rekening Tabunganku juga tersedia di bank lain… Alasan membuka rekening BCA Tabunganku adalah karena sekarang biaya administrasi Tahapan BCA bener bener gede… Untuk Tahapan Gold seperti yang saya miliki saat ini biaya administrasinya perbulan 17 rebu… Cukup besar bagi saya yang isi rekeningnya cuman seuprit… Padahal dulu kalau ga salah 12 rebu atau 13 rebu, sama seperti Tahapan Silver, tapi sekarang lebih mahal… Atas dasar itulah saya pergi ke bank untuk membuka BCA Tabunganku…

Nunggu nomer antrian sampe ngantuk akhirnya dipanggil juga, langsung bilang kalau mau buat rekening BCA Tabunganku… Ditanya tau Tabunganku dari mana, saya jawab dari webnya BCA sendiri… Dan ditanya pernah punya rekening di BCA, jawab punya dan menyerahkan buku tabungan yang sudah sejak lama tidak kelihatan… Prosesnya gampang, ga disuruh input keterangan apapun karena sudah dilakukan mbaknya… Cuman suruh tanda tangan sampe belasan kali kalau ga salah… Nah ini, berhubung saya jarang banget melakukan tanda tangan maka sampe lupa tanda tangan saya seperti apa… Untung saja bisa nyontek di KTP… KTP juga dipinjam untuk difotokopi dan untuk input data… Pokoknya kita tinggal tanda tangan dan terma beres…

BCA Tabunganku

Membuatnya sih gratis ga ada biaya pembuatan buku dan kartu atm… Syaratnya ya cuman KTP asli dan fotokopi KTP tadi, dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) bagi yang sudah memiliki… Bagi yang belum memiliki maka diganti dengan surat keterangan dari bank kalau belum memiliki NPWP… Kalau yang belum memiliki NPWP maka musti bayar materai 6000 untuk mengurus surat keterangan belum punya NPWP tadi…

Kenapa pilih BCA Tabunganku…?? Karena saya sudah membanding bandingkan program Tabunganku di semua bank yang atmnya cukup familiar, menurut saya cuman BCA yang cocok… Alasan selanjutnya tentu saja untuk menghindar dari biaya administrasi per bulan, karena rekening Tabunganku tidak dipungut biaya administrasi… Tapi tentu ada kelemahannya seperti tidak bisa untuk bayar debit, transaksi gratis dibatasi (selanjutnya kena biaya)… Tapi masih realistis menurut saya, penarikan tunai perbulan maksimal 4 kali, lebih dari itu kena biaya 2500… Berhubung saya perbulan biasanya melakukan transaksi ga lebih dari 4 kali masih oke lah…

Tapi sejatinya rekening Tabunganku ini cocoknya memang ditujukan untuk bener bener nabung… Sekali nabung ga diambil ambil gitu, ngambilnya besok kalau sudah cukup buat beli Ford Everest misalnya… Dan sebenernya nabung lebih enak kalau dicelengan, ga kena riba… Tapi kalau saya nabung yang uangnya keliatan pasti diambil terus… Memang agak susah sih sekarang, tapi sudah berusaha menghindari dan mengurangi kena riba itu sudah baik kalau kata Pak Ustad… Baik lagi kalau ga kena riba sama sekali, lebih mantap tentunya… Hasta mañana…

28 Comments

  1. Kalau ingin menghindari riba, buka BCA Syariah aja gan. Kantor BCA Syariah Yogyakarta di jalan pangeran mangkubumi. Administrasi 7500 per bulan. Bisa setor dana melalui BCA Konvensional melalui teller tanpa biaya tambahan

    • ATM tabunganku tidak bisa di pakai di CDM, tidak bisa E-banking maupun m-banking . kalau transfer2 sih bias bangett

  2. Saya baru mencoba menabung di bca tabunganku saldo awal saya 1 jt 1 minggu kemudian saya tarik tunai 100rb tapi saldo tinggal 880 apakah 20rb itu biaya setiap penarikan ?atau biaya lain

  3. Asal saya dari yogyakarta, sekarang bekerja di bekasi. Saya sudah punya rekening bca, tapi pengen buka rekening Tabunganku juga. Pertanyaannya, jika saya membuka rekening di sini (bekasi) apa harus pake keterangan domisili juga?? Makasih

  4. betul kata @Ria Angelina hehehe
    tp kalau diayani cs secantik dia pasti semangat kan. cuma waktu mau dateng pasti ga kebanyang kan akan dilayani cs cantik. kalau udah kebanyang pasti tetap semangat

  5. wahahaha.. kui langsung ditransfer duitmu rekening lawas? sebelume 13 ribu admin e tahapan bca, arep silver po gold podo.. mbuh kok mundak.. ra gelem dipadani bank plat merah po yo.. :mrgreen:

Leave a Reply