Lebih Seneng Perjalanan Malem atau Siang…??


Yeah… Bagi yang sering melakukan perjalanan jarak jauuh, entah itu mudik maupun cuman sekrdar main main pasti sering dihadapkan pada dua pilihan ini… Antara perjalanan siang hari atau pilih perjalanan malam hari… Sebenernya sama sama asik, hanya saja berbeda suasana saat sedang melakukan perjalanan… Terutama untuk perjalanan jauh antar kota antar propinsi (akap), sudah mirip bis saja kan :mrgreen: … Atau mungkin malah harus melakukan keudanya (perjalanan siang dan malam) mengingat jarak yang cukup jauh… Kalau saya sendiri paling cuman perjalanan mudik Jogja-Surabbaya atau sebaliknya… Tidak terlalu banyak memakan waktu, meskipun bisa juga memakan waktu sampai setengah hari…
Dari perjalanan mudik saya (kebetulan akhir akhor ini sedang mudik dadakan :mrgreen: ) Surabaya-Jogja melewati jalur yang umum, lewat Ngawi… Karena memang jalanan yang hafal cuman lewat situ :mrgreen: , dan belum pernah lewat jalur selatan… Saya sendiri juga sering gonta ganti jadwal keberangkatan… Kadang perjalanan malam hari, kadang juga melakukan petjalanan siang hari… Tergantung selera pada waktu itu sih :mrgrern: , cuman kadang bingung juga kalau sudah mau berangkat…


Perjalanan siang hari sebenernya tidak terlalu menantang dan kurang seru bagi saya… Dan satu hal lag yang mrmbuat perjalanan siang hari cukup mrmbosankan adalah karena sering terjrbak macet… Maklum, pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia sepertinya bener bener sudah tidak terkontrol… Dan lainnya yang membuat perjalanan siang hari ga asik adalah panas… Suasana jalanan yanv panas plus semrawut biasanya sering mengundang emosi sih… Cuman asiknya kalau perjalanan siang itu banyak temennya sesama pengguna jalan… Kalau ada masalah dijalan misalkan saja kendaraan trobel pun juga bengkel banyak yang buka…
Berbeda dengan kalau kita melakukan perjalanan malem, sering was was kalau kendaraan mendadak trobel ditengah jalan… Apa lagi kalau trobelnya ditengah Hutan Mantingan tuh… Gelap gulita plus ga ada penduduk sekitar, mau buat mayday sama siapa :mrgreen: … Cuman asiknya jalanan lebih lancar kalau malem… Iyalah, yang lain pada tidur, kita malah jalan jalan :mrgreen: … Suasanya asik kalau malam, di jalur Surabaya-Jogja pun cukup ramai kalau malam… Paling mrndominasi ya truk sama bis malam… Saya sendiri sebenernya lebih menikmati kalau melakukan perjalanan malam hari dari pada siang hari, maklum fampir :mrgreen: … Alasan yang mendasar sebenernya cukup simpel, jalanan lebih lengang yang akan memangkas waktu tempuh… Tapi kewaspadaan harus lebih ditingkatkan juga sih… Yagh, mau perjalanan siang ataupun malam yang penting harus disiapkan secara matang… Peralatan yang harus dibawa dan juga tubuh harus bener bener fit, jangan lupa melakukan pengecekan sebelum berangkat… Dan yang tidak kalah penting adalah berdoa sebelum berangkat… Hasta manana…

14 Comments

  1. enak jalan malan di hutan mantingan adalah bebas nyalip saat marka jalan tak putus (garis putih tanpa jeda) .. klo siang, ngalip di garis putih tanpa jeda bakalan kena tilang bagi roda 4 ato lebih (kecuali bis ss, sr, e*a & mi*a) dan seperti tak berlaku bagi sepeda motor

  2. Enak malam walaupun resiko lebih tinggi dibanding siang hari. Enaknya karena jalan cenderung sepi bisa ngebut, nggak enaknya (resiko) kalau malam mayoritas kendaraan2 besar (truk tangki, trailer, kontainer, gandengan, dll) yang juga ikutan ngebut…. kalau ketemu yang model gini ya ngalah deh, he..he…

  3. malam sepi tapi ga keliatan . siang panas rame macet …. kalo siang se sepi malam milih siang .. kali ini malam ajalah (yang suka ngebut milih malam pasti :D)

  4. nek gue mudik dari jakarta berangkatnye siang,biar lepas cikampek e dapet iseh padang,soale kota kota sedurunge cikampek kan macet…bar maghrib di cikampek lancar jaya (ramesti nding )

  5. Malem…..apalagi pas perjalanan hujan, wehhhhh menantang bingit dah, menjelang pagi, hingga pagi bisa liat aktivitas daerah setempat, klo lagi keluar kota hehehehe

Leave a Reply