Balada Bayar Pajak Motor Setelah Liburan…

Foto lawas...
Foto lawas…

Yeah… Kemarin hari Senin musti ke Samsat lagi, bila dulu bayar pajak Supra Gendut, sekarang giliran motor yang tak kalah gendut… Call sign OrangJuss-1 sebenernya masa berakhirnya tanggal 8, tapi berubung sempetnya Senin ya sudah meluncur… Berbekal pengalaman pas dulu bayar pajak Supra Gendut yang ternyata prosesnya cepet maka berangkat ketika Samsat buka, yah lebih dikit lagh :mrgreen: … Jam delapan kurang sudah sampai di Samsat Kulon Progo, tapi sampai di sana kuaget… Ternyata parkirannya sudah banyak banget, penuh sesak… Pengambilan nomor antrian juga antri panjang (foto di atas foto lawas)… Beda pas saat bayar pajak Supra Gendut kemarin…

Ternyata orang orang sudah datang ke Samsat bahkan sebelum Samsatnya dibuka 😯 … Cari parkiran dulu ditempat yang lumayan teduh sambil geleng geleng ples ngelap kringet… Baru ingat kalau kemarin habis libur panjang… Hari Jumat tanggal merah dan ternyata pada hari Sabtu Samsat melakukan cuti bersama… Saya pikir cuti bersama cuman semboyan orang kantoran jaman dulu, ternyata masih berlaku… Alhasil para pembayar pajak numpuk pada hari Senin kemarin…

Samsat Kulon Progo

Dan ketika ambil nomer undian antrian dapat nomer 117, wedyan…!! Kapan kepanggilnya inih 😯 …?? Dan sampai di ruang tunggu diperparah dengan melihat nomor panggilan baru sampai 16 😯 … Ya sudah saya keluar lagi muter muter cari angin… Kondisi ruang tunggu sudah ga asik lagi walaupun ada AC dan dua buah TV layar datar… Bener bener penuh sesak, tempat duduk penuh semua, bahkan banyak yang berdiri… Udah mirip pasar dadakan 😯 …

Setelah saya tinggal lumayan lama dan kembali lagi, nomor panggilan sudah sampai 109, lumayan lagh… Nunggu bentar dan dipanggil… Lanjut menuju loket berikutnya, di loket ini nomor panggilan baru sampai 50an… Keluar lagi muter muter lagi :hammer: … Proses pada loketnya sih cepet, cuman antriannya itu yang edan banget… Pada loket ke tiga (loket pengambilan STNK) lumayan cepet, nomor panggilan sudah diangka 90an… Jadi ga perlu keluar lagi :mrgreen: … Total untuk membayar pajak kali ini memakan waktu lebih dari dua jam… Padahal proses pada tiap tia loketnya cepet lho…

Masukan buat Samsat, gimana kalau tiap tiap loket dibuat dua atau lebih pintu panggilan… Misal loket 1A, 1B, 1C, dan 2 A, 2B, 2C, jadi biar lebih cepet mengurai antrian… Yang kerja tambah banyak sih, tapi ya ga papa kan… Lagian saya kemarin liat ada beberapa anggota polisi di loket cuman nyantai aja sambil ngobrol ngobrol… Nah, dari pada ngobrol mending buka loket tambahan… Atau yang lebih kece lagi di jaman yang canggih ini bisa bayar pajak secara online… Saya ga tau apakah sudah bisa atau belum, tapi setau saya cuman bisa ngecek pajaknya bukan bayar… Mosok udah abad 21 begini masih buang buang waktu untuk ngantri… Ciao…

7 Komentar

  1. Biasa kalo layanan umum njaluk penak itu hal yg tak lazim disini, padahal dari situ ujung2 dari pemasukan negara tapi masalahnya orang pasti akan datang jadi ngga perlu layanan bagus dan mencari pelaggan tapi pelanggan yg butuh daripada ketilang

Tinggalkan Balasan