Winglet, Sebegitu Besarkah Pengaruhnya…??

Perbedaan sharklet dan fence wingtip...

Yeah… Ini bukan tulisan tentang pesawat seperti kemarin yah… Cuman iseng iseng aja melihat penampilan duo Ducati Desmosedici GP15 yang dikendarai duo Andrea di ajang MotoGP tadi malem… Begitu superiornya Desmosedici GP15 melibas Yamaha M1 pada straight… Pada saat lap lap awal saya baru menyadari kalau GP15 jadi menggunakan teknologi winglet pada sisi samping fairingnya… Lhoh, katanya pada saat uji coba kemarin ga akan dipakai pada waktu race… Ternyata dipakai juga tuh winglet berwarna hitam yang terlihat cukup kontras dengan fairing Desmosedici GP15 yang berwarna merah…

Sebegitu besarkah pengaruh winglet yang kebanyakan diterapkan pada ujung sayap pesawat sehingga Gigi Dall’igna juga menerapkannya pada GP15…?? Sebenarnya cukup menarik juga sih penggunaan winglet tersebut, karena pada tadi malem cuman Desmosedici GP15 yang menggunakannya…

Ducati Desmosedici GP15 Winglet

Wingletnya sebenernya tidak terlalu besar, mungkin seukuran telapak tangan kalau dilihat dari perbandingan dengan motornya… Winglet berwarna hitam yang bentuknya agak mirip dengan fence wingtip milik Airbus ya :mrgreen: … Dan pemasangan winglet ini sepertinya sukses membuat Gigi Dall’igna tersenyum senyum melihat kemampuan Ducati Desmosedici GP15 yang sanggup mempecundangi M1 di track lurus… Sepertinya winglet ini cukup berperan banyak, kalau ga ada fungsinya ga mungkin dipasang lah :mrgreen:

Cadillac Eldorado

Sebelumnya motuba (mobil tua bangka) juga ada yang menggunakan winglet lho, seperti mobil Cadillac di atas… Terletak dibelakang mobil dan juga terdapat dua buah winglet… Kalau mobil mobil sekarang kebanyakan pakai spoiler yang lebih terlihat racy… Namun ada juga spoiler yang ujungnya diberi winglet mirip fence wingtip… Ternyata cukup banyak juga kan yang mengaplikasikan winglet tersebut… Tidak hanya sayap pesawat saja yang dipasang winglet, namun mobil bahkan motor pun juga dipasangi winglet… Sebegitu pentingkah peranan winglet sehingga banyak cabang otomotif yang menerapkannya…?? Sebenernya apa sih fungsi winglet tersebut…?? Kalau yang ini akan dibahas akhir pekan besok pada edisi pesawat sipil ya… Yang jelas Ducati Desmosedici GP15 superior bukan karena pemasangan winglet semata namung juga pada sektor mesin dan lainnya… Kehadiran Gigi Dall’igna ternyata cukup sukses merombak Desmosedici yang dulunya dikenal liar tersebut… Caio…

14 Komentar

  1. klo downforce di bagian depan ditambah, titik keseimbangan bergeser ke depan. (+) grip ban depan lebih besar, lebih lincah di di tikungan. (-) mengurangi grip ban belakang. IMO pabrikan lain tidak mengaplikasikan winglet karena masing-masing pabrikan punya filosofi desain yang berbeda dan secara umum motor mereka sudah cukup lincah di tikungan.

  2. hanya membantu stabilitas & down force saat hi speed, Ducati mencoba mengatasi kelemahan di sektor itu dengan cara2 sesimple mungkin, winglet salah satunya….
    Down Force sebenernya bisa juga di peroleh dengan setting body/suspensi serendah mungkin, tapi berakibat susah cornering….jadi yo musti win2….
    fitur2 sirip seperti ini, dibawah kecepatan 240 Km/h (150 M/h) hanya jadi pemanis tampilan belaka….

    Lho…yamaha & honda kok ga kepikiran pake ginian…?….y & h merasa cukup stabil pada hi speed…..IMHO

  3. bro kalo ane nggak salah kelemahan utama ducati kan front end yah bro, dan winglet fungsinya untuk menambah downforce sehingga ban depan lebih nempel ke aspal. mungkin efektifnya pake cetar membahana kali yah bro..

1 Trackback / Pingback

  1. Airbus A380 Plus, Wingletnya Sesuatu Banget... - Ardiantoyugo

Tinggalkan Balasan