Salah Satu Ciri-Ciri Oli Enduro Asli Pertamina…

ciri ciri oli palsu

Yeah… Kemarin sedang asik asik manasin mesin motor dan ternyata bbm hampir habis… Terpaksa beli pertamax di sebuah spbu yang cukup besar di Jogja… Berhubung agak jauh maka sekalian beli minuman dingin di mini market spbu yang letaknya tidak jauh dari tempat ngisi… Menuju deretan air minum yang dingin, lho kok letaknya berdampingan dengan deretan oli Pertamina… Kalo ada orang belum melek terus salah ngambil gimana nih :mrgreen: … Sekalian lihat lihat harga oli Enduro, maklum saya masih setia memakai oli ini… Dan ternyata harganya ga beda jauh dengan yang dijual di toko umum…

Namun ada yang menarik di dekat deretan oli tersebut… Saya melihat poster yang lumayan gede, mungkin seukuran kertas A3… Isi poster tersebut cukup menarik perhatian saya, karena isinya tentang ciri ciri oli Enduro yang asli bikinan Pertamina… Sebenernya ada banyak ciri cirinya secara kasat mata, mulai dari tutup botol, nomor seri, sampai nomor dari kementrian perindustrian kalau ga salah… Nah, sialnya saya kelupaan bawa kamera, sedangkan hp saya kalau buat memfoto bures, maklum kameranya rusak :mrgreen:

ciri ciri oli palsu

Ciri ciri yang cukup menarik menurut saya adalah adanya tanda air di label kemasan bagian depan oli Enduro… Tanda air tersebut akan muncul jika kita sinari dengan cahaya ultra violet… Saya penasaran, kebetulan dirumah masih ada stok oli Enduro edisi mudik lebaran kemarin :mrgreen: … Sesampainya manasin motor dan sampai rumah, saya cek oli Enduro yang saya beli di stand mudik Pertamina tahun lalu… Saya sinari dengan cahaya ultra violet dari senter… Ternyata bener, ada tanda air yang muncul… Ada logo Pertamnia, di bawah logo ada tulisan “PERTAMINA”, dan di bawahnya lagi ada tulisan “ML 2013″… Udah mirip duit asli ya, pakai tanda air segala :mrgreen:

Entah apa arti kode tersebut, yang jelas menurut poster yang saya baca di mini maket spbu tadi itu adalah salah satu ciri oli Enduro asli buatan Pertamina… Dengan adanya tanda air ini tentu akan membuat konsumen semakin mudah membedakan dengan oli Enduro palsu yang katanya merajalela… Nah, bagi penggemar dan pemakai oli Enduro seperti saya, coba sebelum mengisikan oli terlebih dulu pastikan keaslian oli tersebut… Jangan sampai motornya diisi dengan oli palsu yang berbahaya… Bukannya mesin motor tambah bersih dan halus, bisa bisa malah merusak komponen mesin gara gara oli palsu… Ciao…

20 Comments

  1. kur kuii tok.. gak jamin kang…
    cz kemasan oli palsu itu mggunakan botol oli bekas yg di bersihkan.. mgkin ada salah satu yg bikinan sndiri alias gak ada tanda air nya..

    nah klo mnurut syaa..
    aperhatikan bagian leher botol tepatnya di bawah tutup botol..
    pas bagian yg depan botol.. bukan yg ada meteran olinya..yg melengkung..
    biasanya ada bekas bogkaran atau bekas sobekan.. yg di tempel ulang dgan lem atau perekat..

    ktika ttup di buka.. segel kertas gak mnempel dgan plastic/ttup botolnya.. alias klo ttup di buka kertas nya lepas. . klo yg asli nempel sama ttupnya.. klo gak nenpel sama plasticnya..

    dan ketika plastic segel di cobloss.. lagsug bluuss lepas atau sobek besar.. klo yg asli muluurr dulu baru sobek..

    saya pernah jadi korban nyaa..

  2. Makasih mbah
    Kebetulan saya pake enduro racing
    Bulan november saya beli enduro yang harganya 47 rb di toko* sparepart dan oli.
    Dan bulan januari saya beli lagi dengan harga 42 rb di toko yang berbeda
    Hasilnya?
    Beda jauh.
    Di beberapa hari pertama enduro racing yg 47 rb itu mengeluarkan bau wangi permen disaat motor di hidupin. Dan pemakaian biasa untuk sekolah.
    Tapi yang 42rb itu engga mengeluarkan bau wangi permen. Mau di pakai jauh atau deket. Mau rpm tinggi atau engga. Pokonya beda jauh dengan yg 47 ribu

    Saya jadi khawatir. Ciri khas enduro racing itu yg mana. Yg berbau permen atau tidak.
    Sekian pengalaman saya. Makasih

    • klo enduro racing 4T bau wangi permen..
      ukurannya byasanya 1lt..
      klo yg byasa gak wangi tapi ada yg 0,8lt..

      dan yg asli wanginya bisa smpai semggu atau lebih..
      klo yg palsu sama juga wangi.. tapi 2-3hari ilang..

      klo di guyurin ke knalpot itu lbih gampang..klo yg asli ngebul wangi..asepnya putih.. klo palsu ngebulnya agak kuning baunya sangitt

  3. senter nya yang kayak mana gan…? senter biasa ya…? atau harus senter khusus…? oia berapaan harga oli enduro yang semi seintetik dan full sintetik gan….?

1 Trackback / Pingback

  1. Usahakan Ganti Oli Saat Mesin Dingin Jika Tak Ingin Muncul Masalah...

Leave a Reply