26 comments on “Boeing 737 Max VS Airbus A320 Neo, Tragedi Sayap Tertukar…??

  1. Kalo untuk Pesawat kecil (B737-A320) saya lebih plh B737 mesinnya CFM International lbh halus dr Airbus,Airbus cm bagus dipesawat Wide Body saja, Dan tentang winglet itu memang sprt tuker2 an gt :v Airbus jd pake Sharklet(niru Winglet) Boeing jd pake scimitarlet(niru Fence wingtip) wkwkwkwkw

  2. kalo pesawat tempur aku apal sampek nglotok,tpi kLo soal wing tip,winglet,sharklet dipesawat komersil ku ga mudeng taunya biar irit bbm ,menambah jarak jangkau n mebambah kestabilan doang

  3. Wehhhh josss nulis tentang pesawat.. Lanjutkan lek!

    Cuma koreksi aja, sekarang belum ada yang mengoperasikan Airbus A320neo. Masih dalam proses test flight dan sertifikasi.. Kemungkinan akhir tahun ini atau awal tahun depan baru bisa beroperasi secara komersial.

    Nah, kalau sekarang sering lihat pesawat A320 pakai sharklet kayak A320neo, itu bukan A320neo kok. Itu namanya A320 sharklet alias A320ceo yang dipasangi sharklet punya A320neo. Sejak 2014, sharklet jadi standar bagi A320ceo maupun A320neo nantinya.

    Untuk pilihan mesin, A320 pakai CFM56 dari CFM International atau IAE V2500 dari IAE. Kalau A320neo sih pilhannya CFM International LEAP-1A atau Pratt&Whitney PW1100G.

    Lanjooooeett!

  4. Dulu Pernah lihat di National Geoghrapic channel penggunaan winglet pada ujung sayap pesawat ini terinspirasi pada sayap burung elang. Saya lupa-lupa ingat fungsi dari winglet ini, kalau gak salah sih selain buat nambah aerodinamika si pesawat juga mengurangi efek drag angin dari bagian atas yang bisa membuat sayap pesawat bergetar naik turun saat kecepatan tinggi. Yang bisa membuat sayap bisa patah. Selain itu juga winglet/wingtip ini berfungsi untuk mengarahkan angin dari atas sayap ini menjadi berputar. Arah putarannya antara sayap kanan dan kiri akan saling berlawanan. Kalau gak salah winglet/tip ini ada pada pesawat yang besar dan memiliki bentang sayap yang lebar. Mohon koreksi jika saya salah.

    • Kawasaki memproduksi Fuselag / Rangka pesawat untuk pesawat Boeing 777, Boeing 787 Dreamliner

    • Kawasaki Juga memproduksi Turbofan Engine / mesin pesawat untuk pesawat Airbuss A320

    • Kawasaki Juga memproduksi Trent Turbofan Engine / mesin pesawat untuk pesawat Airbuss A330, A340, A380, Boeing 777

Leave a Reply