120 comments on “Yang Saya Rasakan Setelah Mencoba Supra X 125 Helm in PGM-FI…

  1. menurut saya, kenapa disain supra yang ini seperti kurang detil seperti supra sebelumnya ya, sebenarnya ada beberapa titik yang bisa disempurnakan, misal model keseluruhan lampu belakangnya, kalau saya lihat dan dibandingkan dengan ukuran bannya, sektor lampu ini seperti agak kebesaran sedikit, sama sekitar speedonya itu, sepertinya tembem banget ya mas… :)
    mantan pengguna supra125 juga
    salam

    • ia,,,kurang perhatiin detaill,,,,banyak body palastiknya yg gak presisi,,,bahkan tutup atas batoknya, sejak aku pake sdh bunyi dan masih bunyi sampai sekarang,,,,,,,

  2. Klo menurut saya motor ini kurang stabil mas… Terlalu lincah…!! Dipakai buat nikung agak miring dikit malah maunya mbanting ngajakin rebahan diaspal. Nggak tau klo ban standartnya sdh diganti dgn yg lbh lebar.

    • Emang pernah make ya gan, , ,???
      Ane malah enak aja makenya ditikungan
      serasa naik moge kalo rpm tinggi, , , ,

    • yap setuju,,,,aku lg make nih motor,,,kita hrs blajar lg supaya dpt feeling yg pas dr motor lainnya,,,bantingan nikung mang lebih cepat jatuhnya makanya kudu blajar lg supaya dpt feelingya……

  3. Mas, tolong bantu saya menentukan sikap. Saya ingin sekali mengganti klakson Supra X Helm In PGM FI saya dengan klakson keong. Teman saya ada yang bilang nggak apa-apa sepanjang cara pemasangannya benar. Tapi ada yang bilang jangan coba-coba karena bisa mempengaruhi sistem injeksi berkenaan dengan bertambahnya beban listrik. Mana yang benar ya, Mas? Thanks.

  4. ane salah satu pengguna motor ini mas minusnya ban belakang yg kecil, terganggu jg sama kabel spido pdhal supra sebelumnya ga pke kbel spido. plusnya bagasi lumayan lebar dll.selalu msh aja yg negur mas lampunya nyala dan slalu saya jawab ; udah dari pabriknya.

    • dash boardnya kurang modern, cuma mesinnya mudah panas, panas sekali, harusnya kelebihannya bukan pgmfi dan helm in saja, straternya harusnya seperti vario pgmfi.

  5. Mas, Supra X PGM FI saya kasih klakson keong dg prosedur yg sesuai petunjuk pemasangan, tapi setiap kali klakson dibunyikan, bersamaan dg bunyi klakson lampu senja dan lampu spedometer meredup walaupun mesin motor dihidupkan. Kenapa ya? Apakah daya listrik yg dibutuhkan klakson itu memang sangat besar atau ada yang salah pada cara pemasangan? Apakah jika hal itu dibiarkan berlarut-larut dpt merusak sistem injeksi? Bagaimana solusinya? Mohon pencerahan. Terima kasih.

  6. mas broo…..
    Tapi sayang yaaa…
    BBM harus pake PERTAMAX truss…….!
    truss kalo di pakeiin PREMIUM
    mesin cepat rusak g mas brooo.. ??

    • gak juga kok,,,aku pake bensin biasa ja….memang pertamax bikin akselerasi lebih cepat dan top speed naik dikit,,,,,,,

  7. tp katany ga selalu pertamax jg bisa… yg pting asal bensinny bersih… wlpun pertamax plus klo ktor ngrusak nozzle injeksi ny.. klo premium tp bersih y silahkan…

    • kayaknya akan lebih stabil memang kalau bannya lebih lebar,,,menyesuaikan bodinya yg lebar…..

  8. Kan ori nya ban dpn 70/90 dan blakang 80/90, kalo mw diganti sih tinggal menyamakan selisih ban dpn sama ama ban blakang aja gan biar stabil :)

  9. motor saya baru 4 hari nongkrong di rumah dan selama itu belum pernah di jajal jalan agak lama…. nah hari ini dapet plat nomor yg warna putih… langsung geberrr… tapi kok saya kurang puas yaa dengan suspensinya… kurang empuk gimanaaaa gitu… masih terasa keras kalo terkena jalan yang gak rata… apakah emang gitu ya kalo masih baru…?? dan abis dipake trus berhenti kok kayaknya suaranya kenceng banget yaa….kira2 ada masalah apa yaa? menurut mas apakah saya harus komplain ke dealer gak yaa? mohon pencerahan maklum buta dengan otomotif makasih dan salam kenal

    • salam kenal juga… masalah shock memang gak terlalu empuk, tapi masih wajar karena ini motor bebek (menurut saya sih)… kalau soal suara kenceng setelah dipakai pernah dengar di forum lain, seperttinya setelan pengapian (kalau gak salah) kurang pas… coba mekaniknya suruh benerin…

  10. Motor saya udah hampir 3bln (4000km +) dari awal dikirim dr dealer ada bunyi nglitik kayak suara jangkrik ngerik di putaran atas, makin panas makin ngerik aja tuh jangkrik, dah bolak-balik ke BERES tetep juga ga beres kata mekaniknya “type injeksi emang begitu suaranya pak” (apa bener motor sampeyan jg begitu?) ato emang mekanik ahass males repot ya?.
    dikasih minum semua jenis BBM mulai dari premium, pertamax, shell tetep ngerik juga jangkriknya.

  11. Lha kalau cocoknya buat bapak2, buat kita yg lebih muda apa dong? (Merk honda menurut mas bro)
    Thanks ulasan & responnya.

  12. Motor kagak ada tarikan, cuma menang diirit doank, coba ditest ditanjakan boncengan pasti baru terasa neh motor kagak layak beli

    • sory bro..gua gak setuju,,,akselerasi sampai 90 km/jam boleh diadu sama jupiter mx,,,motor ini lembut gak meledak ledak akselerasinya makanya kesan gak bertenaga,,,tp plintir aja gasnya,,,meluncur,,,kudu cepat masukin gigi,,tak masalah terhentak dikit,,,,,,

    • yap betul,,,tp masih lebih asyik dr pada supra125 yg dulu,,,nyaris lurus,,,,aku bawa langsung dealer ke rumah dan dijalan langsung nyambar spion mobil,,goyang deh spion kanannya,,,

  13. kenapa bbm untuk supra x helm in begitu boros ya motor saya? katannya injektion lebih irit dari karburator, mohon dijelaskan? trims ( solo)

    • Kok bisa ya pak? saya termasuk orang yg suka kebut kebutan di jalan. tp jujur bagi saya hematnya serasa honda grand saya dulu. apalagi klo santai santai saja. Cek pak injeksinya dibengkel yang ada komputernya.

    • Iritnya 1 liter bisa sampai berapa km masbro? Saya pingin tahu kondisi yg riil, bukan hasil lomba irit bbm :)

    • supra x 125 helm in tipe injeksi sudah pernah saya tes dengan pemakaian normal max speed 80kpj…dan dirata-rata2 hasinya kurang lebih 1:65km…rute tegal-semarang…
      dalam kota semarang kurang lebih 1:55 kondisi jam2 kerja lumayan padat lalin(stop&go lebih sering),,,premium biasa

      kondisi irit2tan pemakaian bisa tembus 1:75 dalam kota max speed 50kpj

      NB: semua tes diatas dilakukan setelah motor berumur 6 bulan dari tanggal pembelian (setelah 3x service), menggunakan premium biasa, tidak berboncengan.

    • Klo lihat video di you tube, kebetulan salah satu sy yg upload, motor yg injeksi akselerasi lebih cepat tp kalah di top speed sama yg karbu. ada di youtube versi karbu tembus 110 lebih dikit tp kliatan klo naiknya lebih lama dr yg injeksi

  14. punyaku baru seminggu ,pindah gigi nya keras, mesin agak kasar,,bbm cenderung boros,.suspensi keras, ban kekecilan , velg kekecilan kalo mau di pakein ban gede jadi sia sia, harus genti velg juga..!

  15. mas sy pengguna supra gembot ini ,…gimana dengan shock depan yang limbung saat nikung hampir rebah ,..ada beban aki didepan ,..kalo ban kecil di ganti besar kurang pengaruh juga ,…mungkin punya solusi lain??

  16. mas bro boleh mau nanya, gmana naikin kecepatan supra x helm in mnjadi top speed 125 cc, soalnya motor gue speednya hanya sampe 90 – 105 cc ?????

  17. Dari supra generasi awal, 1 hal yg ga dperbaiki oleh honda, yaitu getaran d body yg mengakibatkan tempat baut pada rompal semua… apakah pabrikan sekaliber honda ga bisa ngatasi ini??! Ato emang ada unsur kesengajaan ddalamnya…

  18. aku malah pake yg versi karbu.
    penampilan: gambot. ban belakang kurang besar (gak seimbang sm bodinya yg gede). bagasi sangat berguna cz sering bawa barang :-D.

    performa: top speed cuma coba sampai 110km/jam belom mentok grip gas udah gak berani mbetot lg. tarikan sangat kurang. pernah buat nanjak gunung boncengan (depan+blkg krg lebih 100kg) udh ngos ngosan. buat nyalip jg kurang respon. rem, yahud.. ban bisa sampe ngunci ( terlalu kuat ngeremnya. hehe)

    bensin, menurutku irit. dibanding motor merk lain yg pernah aku pake 102cc iritnya sama. krg lebih 50km/L

    bodi susah bongkarnya. sampe sekarang blm berhasil buka bodi sendiri. niatnya mau servis mesin sendiri tp takut bodi pecah jd ke bengkel terussss..

  19. 1. Setuju soal posisi lampu sein dan klakson, ane juga sering salah pencet.
    2. Juga setuju untuk soal AHO. Rada risih kalo lewat jalanan kampung.

  20. Mas Bro dan para Agan-agan yang ada sekalian.
    Saya ada sedikit informasi saja mengenai Injection pada motor.
    kebetulan saya sering mendengar tentang teknologi Injection.

    Ini pengetahuan yg saya dapat mengenai Injection ya, kalau salah mohon maaf sebesar-besarnya.

    Pertama-tama, mengapa Injection itu dibilang lbh irit, lbh mudah perawatan, dan bisa dibilang stabil ?
    Karena injection itu system yang menggantikan Karbulator.
    Kalau pada karbulator, kita harus stel angin, Gas, dll secara manual, sedangkan Injection sudah dengan system komputerisasi(tidak secara manual).
    dan system Injection itu, bukan mengalirkan bensin, tapi proses pengembunan bensin.

    Maksudnya pengembunan bensin, jadi bensin tidak dialirkan, namun bensin disemprot secara halus, contoh simple nya seperti alat cuci steam motor, yang airnya keluar secara halus.
    Jadi mengapa injection lbh irit ? Karena untuk bensin sendiri tidak dialirkan, namun bensin diubah menjadi embun halus.

    Dan masalah bahan bakar Injection, saya sangat merekomendasikan untuk menggunakan Pertamax.
    Alasan rekomendasi menggunakan pertamax :
    1. Torsi motor ini sudah 9.3:1, jadi kalau bisa harus menggunakan bahan bakar dengan oktan diatas 90%. Premiun hanya 87%(kalau tdk salah), sedangkan pertamax sudah 92%.
    2. Panasnya Pertamax sudah cukup untuk membuat system Injeksinya membuat embun bensin jadi sempurna. Jadi penggunaan pertamax akan terasa lbh irit dari penggunaan Premiun,
    3. Kalau menggunakan premiun, system Injeksi tidak akan berguna dengan sempurna, karena proses pengembunan jadi tidak bagus, alhasil bensin akan dialirkan seperti biasa, tentu sama saja percuma, mendingan pakai Karbu jg.

    Makanya kenapa dealer merekomendasikan setiap 10.000 km harus melakukan Cleaner injector, karena dikhawatirkan pengguna motor belum paham mengenai apa itu Injection.
    Kalau pakai pertamax, memang lbh mahal. tetapi perawatan akan lebih ringan, mesin akan lebih awet, Toh ujung-ujungnya akan sama juga keluar duitnya.

    Ya kiranya infonya itu dulu saja kawan-kawan, bila ada kata2 kurg berkenan, mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya.

    Terima kasih.

  21. saya baru pakai motor supra x 125 pgm fi selama 6bulan,kenapa kalau mesin sudah panas motor jadi oleng kanan kiri (beda dengan melayang)? kok bisa ya? kl dah oleng kayak orang baru belajar bawa motor.

  22. bodoh amat aku beli honda… bulan pebruari ku ambil supra x helmin ..udah punya 2 masalah.
    1. tiba2 semua indikator mati.. dan kalo sudah mati sein juga ikut mati .. ini kan membahayakan. cman matiin kontak n nyalain lagi normal .. kadng2 mati lagi
    2. tiba2 jok ga bisa di buka….. …
    ini QC nya payah apa emang motos jelek
    padahal udah 3th pake skywave ga perna ada masalah.. cmn ganti ban belakang sama 1 lampu utama
    honda bner2 payah

  23. Kalo menurut saya, banyak yg ngasi komentar tapi gak bener2 punya motornya, hanya mungkin pernah pinjam punya org lain. Saya rasa selama setahun pake gak pernah ada masalah apa2. Padahal saya mula2 pake yamaha vega r, tapi saya rasa gak gitu2 amat masalahnya. Buat mudik aceh medan jg oke2 aja, pake premium jg tetep irit, ya mungkin pada cuma denger2 cerita org aja.. Sekian dl mas semua

  24. Saya jg br sj beli 2 hr ll, apakah benar kata orang2 untuk pemakaian awal harus dipacu dg kecepatan tinggi supaya nantinya tarikannya lebih ringan?

  25. sori mengganggu cm mau tanya nih,saya baru beli supra x helm in, pertama kali nyoba make jalan ko lampu berasap trs bau gosong ya??apa memang seperti itu sistem AHO itu? atau ada yg konslet atau gmn?soalnya saya baru tau ada sistem AHO ini…mohon pencerahannya dong..saya bth bgt info nih soal supra x 125 helm ini..terima kasih

  26. nah tp bsknya pas dipake jalan lg cm panas aja ga bau gosong atau berasap lg.apa memang klo setiap mtr baru supra helm in seperti itu ya?krn pke sistem AHO?

    • sama kayak saya gan….
      lampu depan ada bau” gosong trus panas bgt tpi untung gk berasap kyk punya agan…
      udah di cek ke mekanik honda nya katanya sih gk ada masalah…
      tpi emang sih setelah dicek sama mekanik honda besoknya sampai sekarang udah gk ada bau” gosong lagi…
      cuma takutnya kambuh”an…
      gimana tuh…???

  27. Masih banyak juga yang BC dan tidak jelas juga seenaknya komentar.
    Mohon lebih bermartabat dalam berkomentar, boleh benci honda namun jangan memfitnah, yang anda puja juga belum tentu sebaik yang anda benci.

  28. kata siapa supra x 125 helm in gak bisa tembus 120 kpj ?
    punyaku masi bawaan pabrik bisa 130 kpj malah..
    cuma pake cop busi ktc sama busi ngk g-power udah bisa tembus 130kpj

  29. tapi sayang,tdk ada saklar lampunya,lampu bolam bisa putus trs nih,kl di jalan raya ok lampu nyala,tp masa di bkn jln raya utama lampu nya,payah nih honda

  30. aku baru beli nih motor kemaren, belum aku coba gan, motor pertama berarti masih pemula :D mau nanya sebaiknya pakai pertamax apa premium ya? soalnya tetanggaku pake pertamax buat minum vario fi nya, kalo pake premium katanya tarikanya kurang mantap,

  31. ikutan nimbrung gan…saya pakai suprax 125 helm in pgm f1…. bnyk keluhan saya gan… antara lain tenaga utk nanjak sngt meler, perpindahan gigi bikin ngilu di hati krna keras dan bunyi peletok.!! suara mesin juga kasar…. stlh 6 bln saya coba di jln datar dng panjang 12km…. saya cuma mendapat top speed 100km/jam itupun membutuhkan jarak yg panjang. kalau saya bandingkan dng supra x 125 thn 2006 yg sekarang di pakai anak saya, justru tenaga mesinnya lbh unggul hsx 125 th 2006… aneh kan?….

  32. He..heee gw dah dua tahun bro pake neh motor, pertama kali pake rada aneh stang lbh pendek ga berimbang sama body jadi bawaanya limbung, jok susah ditutup jadi klo tutup kudu dipukul kaya mo karate bro tp sekarang udah ga udqh dikasi minyak dn disetel. Saklar lampu panas trus leleh ujung2nya aki tekor. Nih yg paling sebel standar duanya terlalu sempit kurang renggang sedangkan body lebar klo parkir harus cari tempat rata sempurna, kalo ngga si gambot bisa rubuh tepar, kaya Ane kejadian dua kali, tapi tenang body ga ada yg lecet cuman knalpot dn stang yg jadi korban. Ini pengalaman saya swndiri dan sisi baikny juga banyak selalu menemani dlm suka dan duka kaya banjir masih bisa dilewati herny kaga mati padhal mesin kerendem. Apapun yg terjadi ailovyu gambot.

  33. Sy pengguna helm in karburator 2011 dpt sekon , pertama yg ta rasa tarikan awal berat ada bunyi dek dek dek kalo pas kita lagi naik cuma kalo pas di naiki orang lain kagak gigi 1 dan 2 awalan sering bunyi dek dek dek tadi setelah rpm meninggi hilang , sy blom cari penyebab nya krn dptnya juga bekas , kalo bicara tarikan seri supra x 125 ini boleh di bilang jauh banget ama saudara tua nya honda grand ( sy masi punya dan pake 1 thn 96 ) jauh banget ama grand segi tenaga maupun top speed , padahal si helmin udah pake pertamax malah si grand cuma premium , kalo membahas mesin memang sy bilang honda lama seperti prima ato grand adalah rajanya , mungkin itu alasan ahm mengembalikan beberapa sistem si helm in ke c100 , kalo di bahas kenyamanan suspensi , helm in adalah raja nya suspensi nya ok punya sy sempat kagum di buat nya ketika melintasi jalanan berbatu dan lubang , masalah bagasi si helm in ini yg membuat sy pengen beli , cuma 1 yg sansangat sy sayangkan yaitu knp tarikan awal nya seperti nglitik dan bunyi dek dek dek itu saja analisa sy

  34. Sy sudah punya 1 th lebih dan sudah pernah geber si montok sampai 115 kpj. Kalo untuk menggas sebaiknya agak santun pasti si montok kagak bermasalah. Memang benar terkadang ada bunyi pletok saat pindah gigi

  35. motor gua banget
    cocok untuk cari duit bukan buang duit :)

    setelah ganti oli pake shell ax7 suara mesin makinmulus tarikan makin enak. ga kalah sama bebek lain di kelasnya

    ganti ban depan yg lebih lebar agar tidak goyang itu saja. so far so good

  36. aku udah pake ni motor 10 bulan kesimpulannya:
    +
    Bagasi besar, untuk nanjak pake gigi 1 rajanya, utuk jalan agak nanjak gigi 2 ngos2an
    Suara mesin termasuk halus


    Menurutku suspensi terlalu keras waktu baru pertama kali pake badan sakit semua sebelumnya aku pake supra x100cc
    Susah menemukan gigi yang pas untuk jalan cenderung nanjak
    Lampu dasbor kurang jelas di siang hari, lebih bagus supra x 100cc
    lampu jauh menurutku berbahaya karena ada sisi gelap antara motor dan cahaya lampu
    Ban belakan cepat habis, tapa pembonceng cenkeraman kurang
    perpindahan gigi 1 ke 2 kasar
    Supra punyaku posisi stang terasa miring kiri dah bilang ma ahass gak teratasi cape tuk jalan jauh
    untuk manuver gk lincah
    posisi pembonceng tinggi (cukup menyulitkan ibu2) kepala kena terpa angin
    Top speed 100kpj aj susah dicapai

  37. Bingung gan…mending supra x helm in ini apa new honda blade 125 pgm fi ya? Mohon pencerahannya suhu2 skalian…

  38. Tarikan kurang kurang setuju…Aku suka bawa motor kebut kebutan dan menurut pengalamanku aku malah sering merasa “sombong/bangga’ bawa nih motor kebut kebutan… slalu kubilang di hati, era honda motor lemot namun hemat telah berlalu…ini era hemat namun kencang…

  39. masalah kalau itu dianggap masalah dr motor ini adalah pertemuan body plastiknya yang banyak pertemuannya ndak rapi dan rapat. bahkan di motorku ada yang hampir setengah senti terpisah pertemuan body plastiknya…juga penutup batoknya, dr dealer sampai sekarang bunyi tp kubiarkan saja karena bunyi kecil saja menurutku…

  40. Aku pernah adu akselarasi dengan jupiter mx baru dan walau pun mx selalu di depan tp aku tetap mepet mx dan sesekali dapat kulambung kala ada kendaraan lalin di depan karena aku lebih sering mengerem terlambat dan ternyata mx cukup sulit memburuku…artinya kalau tarikan setelah mengerem motor ini bolehlah,,,kalau dr lampu merah biasa saja namun begitu gigi 2 masuk, wusss motor ini tampak menonjol

  41. top speed menurut spido memang kalah dari supra x karburator…tp tarikan jelas kalah jauh…motor ini samapi 105(menurut spido) masih cukup mudah digapai…namun 105 ke atas sudah pelan naiknya dan rata rata aku mentok di 109-110(di spido)…pernah sih lewat tp jarang jrang terjadi

  42. op speed menurut spido memang kalah dari supra x karburator…tp tarikan jelas helm ini unggul jauh…motor ini samapi 105(menurut spido) masih cukup mudah digapai…namun 105 ke atas sudah pelan naiknya dan rata rata aku mentok di 109-110(di spido)…pernah sih lewat tp jarang jrang terjadi

  43. masalah gampang rebah itu cuma masalah feeling aja…asal kita mau membiasakan diri sampai dapat feeling yang pas, maka masalah gampang rebah itu tidak terasa lagi karena sudah biasa..
    Betul motor ini kalau sudah dipakai lama atau pas jalan kencang melewati lubang atau jalan rusak, sok depan bagiku berasa seperti motorku dulu yang sok depannya masuk ke dalam krn nabrak namun tdk kuperbaiki…ini memang aneh…kadan aku curiga jangan jangan entah di mana sebelum disalurkan ke konsumen, per asli dari salah satu sok depan diganti dengan per lain…

  44. ada yang komen rem blakang ndak bagus, kubantah habis,,,aku malah sering ngerem abis sampai ban menggosok di aspal dan stabil stabil aja… memang nindis rem cakram belakang ndak boleh sama dengan tromol..ditekan dikit dan halus saja sudah pakem kampas rem menggigit…
    kalau bensin aku suka beli 5 ribu dan sering kucek di odometer dan rata rata dapat 45-50 km untuk 5 ribu rupiah…jadi 100 rupiah untuk 1 kilo kurang lebih..cara pake tetap kencang namun perpindahan gigi halus alaias tidak agersif dan menarik gas halus alias tidak agresif

  45. komsumsi bensin motor ini akan beda kalau kita sering kalau ada kesempatan lari hingga 90 km/ jam… kalau narik gas halus dan pindah gigi halus danselalu mengatur untuk tidak pernah lebih dari 80 km perjam, maka konsumsi bensin nyaris sama kalau bawa cuma main di 40 atau main di 60…aneh krn harusnya makin pelan makin hemat tp di helm in nyaris sama saja…ingat sampai 80 km/ jam saja

  46. kalau luar kota yang jarang stop and go, aku pernah dari makassar ke palopo(Sulsel) jalan hanya 10-15 persen tanjakan sisanya lurus dan datar, jaraknya menurut ododmeter motor adalah 380 km dengan bensin kuisi full 35 ribu saat berangkat(waktu isi memang bensin sangat sekarat tp syukur masih sampai di pompa bensin), sampai di palopo bensin masih ada malah masih sempat kesana ke sini di dalam kota sebelum motor mati krn kehabisan bensin(untung spbu dekat waktu motor mati)…jadi kasarnya cuma 92 rupiah per 1 kilometer.. ini bisa sangat hemat karena aku ikuti bus palopo krn belum tahu jalan dan kecepatan bus paling tinggi menurut spido ku cuma 95 km/jam(maklum bus sdh agak tua)…namun waktu pulang kuisi lagi 35 ribu, di darah yang namanya pangkep jam 3 subuh motorku mati kehabisan bensin,,,loh???itu karena aku sudah tahu jalan dan hampir keseluruhan perjalanan pulang, motor kugeber habis dan yang namanya gas kuplintir sampai mentok itu sering terjadi…pompa bensin ndak ada yangbuka, penjual bensin eceran pada masih tidur jadi jam tiga pagi ndak enak kasih bangun orang… menunggulah aku sampai pagi dekar SPBU dan jam 7 pagi kuisi bensin dan kulanjutkan perjalan…

  47. kalau luar kota yang jarang stop and go, aku pernah dari makassar ke palopo(Sulsel) jalan hanya 10-15 persen tanjakan sisanya lurus dan datar, jaraknya menurut ododmeter motor adalah 380 km dengan bensin kuisi full 35 ribu saat berangkat(waktu isi memang bensin sangat sekarat tp syukur masih sampai di pompa bensin), sampai di palopo bensin masih ada malah masih sempat kesana ke sini di dalam kota sebelum motor mati krn kehabisan bensin(untung spbu dekat waktu motor mati)…jadi kasarnya cuma 92 rupiah per 1 kilometer.. ini bisa sangat hemat karena aku ikuti bus palopo krn belum tahu jalan dan kecepatan bus paling tinggi menurut spido ku cuma 95 km/jam(maklum bus sdh agak tua)…namun waktu pulang kuisi lagi 35 ribu, di daerah yang namanya pangkep jam 3 subuh motorku mati kehabisan bensin,,,loh???itu karena aku sudah tahu jalan dan hampir keseluruhan perjalanan pulang, motor kugeber habis dan yang namanya gas kuplintir sampai mentok itu sering terjadi…pompa bensin ndak ada yangbuka, penjual bensin eceran pada masih tidur jadi jam tiga pagi ndak enak kasih bangun orang… menunggulah aku sampai pagi dekar SPBU dan jam 7 pagi kuisi bensin dan kulanjutkan perjalan…

  48. so keseruan kebut kebutan sama mobil pribadi dan angkutan sangat kunikmati..dengan panther, avansa,xenia, bus besar, bus sedang, motor lain dan mobil lain…satu hal yang ndak bisa aku lupakan kala adu kebut dengan mio…mungkin ini motor tdk standar lagi..akselerasi aku slalu kalah..kalau mengerem bersamaan krn ada mobil di depan lalu tarik gas lagi, mio slalu ngacir duluan di depan. namun jangan salah… top speed aku slalu menang..aku hampir selalu bisa melambung di atas 100 km perjam..walau aku slalu kalah akselrasi, tarikan aku ndak menyerah”’akhirnya ketika kulambung terakhir kalinya, dia tdk pernah muncul lagi…menyerah mungkin..jatuh mungkin.. atau sudah sampai tempat tujuan…entahlah

    • coba si gembrottt di adu ama motor kesayangan ku supra HSX 125R. ..apa pun koment bro sist semua yg penting salam satu hati..hehe

  49. Ganti bro ban belakangnya pake RPX yang tubelss, ukuran lebih gede soalnya. Jadi seimbang sama motornya yg gendut.

  50. saya pakai helm in hampir 2 tahun, bbm pertamax (kadang klu kepepet bbm premium), keluhan tsb diatas jga terjadi kadang2 kaya oleng (katanya bengkel stir terlalu kencang), konsumsi bbm1-65 km, sejak th baru 2015 turing ke dieng ban blk diganti 300-17 dpn standard .. enak lebih stabil, konsumsi bbm tetap, lampu depan langsung on mmg arahnya utk mengikuti aturan lalin (spd motor rd 2 harus nyalakan lampu) yg ini sy setuju aja demi keamanan (bahkan new mega pro juga sama). ada rencana mo nyoba ban blk diganti 70/ 110-17 (msh nunggu rp nganggur). tks

  51. Pingback: Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Kulon Progo… | Ardiantoyugo

  52. saya pemakai Honda Supra x Helm in yang karbu tahun 2012 untuk masalah handling cukup lumayan dengan body yg cukup besar, pengereman cukup yahudd dari kecepatan tinggi ke rendah, tapi klw untuk perfoma mesin masih ada kekurangan, apalagi bila mesin sudah panas terdengar suara mengelitik di bagian mesin paling depan seperti suara jangkrik, pas saya bawa kebengkel resmi orangnya bilang ini rante ketengnya yg udah kena, padahal itu motor jarang dipakai untuk jarak jauh, setelah saya ganti rante keteng selang beberapa bulan kemudia terdengan lagi suara mengelitik seperti rante ketengnya kena lagi, apakah Kekuranga SupRA x Helm In ini di bagian mesinnya ?? txs

  53. Gua pernah nyoba hsx fi yg gk helm in buat turing ke Merapi sm tmn sy. Sbg penunggang mtr pabrikan non honda, menurut penilaian sy soal tarikan hsx fi oke punya, lbh kuat nanjak dibanding mtr saya (zx130) dan kayaknya jg lbh irit. Hanya saja utk jarak jauh badan lumayan capek dan maaf *antat cpt panas. Handlingnya jg kurang stabil utk high speed dibanding mtr saya (lari diatas 80kph udh serasa ngelayang), ga tau kl yg helm in ky gimana (secara mesinnya mirip2), gw cm berani sebentar sampe 100kph dan udh serem. Dan satu lg, bwt manuver di jln pegunungan yg berkelok2 jg krng stabil (jauh sm mtr sy soal kestabilan, hehe). Yah, itu aja impresi saya yg pernah njajal hsx fi walaupun bkn yg helm in. Mungkin pendapat pembaca lainnya bs berbeda.

Bila ini dari sudut pandang saya, bagaimana dengan sudut pandang Anda...??

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s