Njajal TVS Apache RTR 160…

Halo Mas Om… Tadi sore kedatangan teman smp dengan Apache hitamnya… keren… Dan disuruh menemani jalan-jalan ke Jogja… yo wes ayo… :mrgreen:

Apachenya masih standar ting ting Mas Om… lha wong masih baru, baru sekitar 3000an km…

Pas ke Jogja saya yang didepan… 😎 yang pertama dirasakan adalah bodynya keren… dan motornya pendek… tidak setinggi dan seberat Orange Juss… Kaki saya dua-duanya bisa napak tanah semburna. Namun pas sampai di kota Jogja berasa pegel nih pinggang (kata pemiliknya juga memang pegel gitu).

Tarikannya mantap, membelah macet bisa meliak-liuk… keren… :mrgreen: Tapi pas di lampu merah… waduh jian… netralinnya susahnya minta ampun, suwer… kalau dilampu merah mesin tak matikan, atau kalu tidak tangan kiri tekan kopling terus…

Terus… Nah ini yang bikin saya heran… mosok ngisi premium 10ribu cuma nempuh jarak sekitar 62km-an…?? patokannya posisi keran bensin dari res sampai res lagi kira kira 62km-an… Lhah kok boros banget ya…?? Pemiliknya juga heran kok… kenapa bisa boros begitu… Kalau ada yang minta foto buktinya maaf gak sempet, tergesa-gesa mencari alamat tadi Mas Om…

Dan kenapa ini Apache mbrebet-mbrebet ya knalpotnya…?? apa pengaruh dari borosnya tadi ya…?? Gak tau deh… wong cuma minjem… :mrgreen:

Tapi Mas Om… Motor ini jian… buanter buanget… suwer deh… 😀 Saya sendiri sampe gak berani mentokin gasnya… jalanan lagi rame euy…

O iya… pas di RPM 7000 gear 5 sudah terasa getar dibagian setangnya… tangan saya yang patah dulu terasa ngilu 🙁

Tadi pemiliknya tak suruh servis si Apachenya… Terutama masalah borosnya itu lho, saya sendiri heran, pasti ada setingan yang gak bener nih (maklum Mas Om saya gak ngerti mesin, jadi mending tak suruh servis saja)… sama tak suruh benerin rantai yang terlalu kendor… :mrgreen:

Eh iya (lagi) tadi sering panel indikator gambar kunci (kunci untuk buka baut itu lho… atau istilahnya apa ya…??) di speedo meter menyala… Apa itu memang tandanya minta diservis ya…??

Monggo Mas Om, bagi pemakai Apache atau ngerti mesin kasih tau kira-kira yang membuat boros itu apa ya…?? sama yang membuat susah netral… Monggoo…..

25 Komentar

  1. Apache ane tembus 150km/jm. ane pakai carbu PE 28. gear blkg punyanya satria FU. gear depan punya rx King. mesin masih standart.

    sayang banget sama si Kuda dari india ini. hehe 😀

  2. Gw punya versi new apache rtr 160 2012 biasa gas poll sampai mentok rpm11500 ga masalah keiritan kaya bebek fit x 100Cc rpm 11000 yg sama suka geber gas pol ga pake nyantai biar lebih fokus ga pake bengong.tapi tetep safety dan terukur.salam

  3. askum,saya pengguna apache rtr160.belakangan ini ada aja yg minta di perbaiki,karena susah sekali untuk sparepartnya apalagi di tempat saya di daerah kab.tanah bumbu,tapi masalah irit ini rajanya,ni lampu belakang lagi mati…bingung jadinya…! ada gak ya yang tau apa masalah pada apache saya agak bunyi dibagian atas pendinginnya tu.mf kalau salah kurang ngerti mesin,cuma pas tari gas agak bunyi.apakah ini clipnya yg rusak?tolong sarannya.mksh

  4. Saya keberatan klo ngomong apache boros
    Buktinya saya ngisi 20rb bisa mencapai wktu seminggu dengan menempuh jarak yg lumayan jauh

  5. lampu indikator gambar kunci nyala tanda waktunya servis, kalo udah servis jangan lupa dimatiin. sebelum 3000 km ki harusnya udah servis+ganti oli ke-2. nek belum ya dijamin susah netral. apalagi olinya bonusan diler. 1000 km aja udah kurang enak.
    boros, mbrebet-> setingan terlalu basah, setelan angin tambahi. Apache anyar ayu tingting rata2 dpt 45-50an kpl. kalo kata salesnya dulu bensinnya 65 kpl->percaya nek numpak e lomba irit mode on
    getar2 ki fitur anti ngantuk di jalan :ngarang puoll: :p
    badan pegel gara2 bungkuk, solusinya pijet. 😆

  6. brother..saya kebetulan pengguna apache, boleh memberi comment sedikit based on pengalaman saya yah bro.

    waduh boros sekali apache ini yah, apache itu kondisi standard bs 45km/L..apes2 di 40an..betul saran masbro, monggo diservice saja apachenya..pasti ada yg tidak tepat setelannya.

    Kmdn utk kopling pernah saya alami, kebetulan di setelah di stel oleh mekanik beres..langsung hilangg gejalanya. Ditambah plat kopling dan per silahkeun diganti punya tiger..dijamin maknyuss, tarikan tambah mantab..apalagi susah netral, tinggal sejarah hehehe.

    posisi riding apache memang aga unik, menggunakan stang jepit dan posisi badan agak menunduk sehingga lumayan membuat pegal jika jarak jauh. bayak teman2 di club yang mengganti stangnya dengan model turing + raiser. Kmdn mesin apache langsung menempel dengan chasis tanpa ada engine mountingnya..hal inilah yang membuat di kecepatan tertentu timbul getaran..ditambah stang jepit yang langsung ke garpu depan..karena tenaga mesin yang cukup besar maka tangan cukup merasakan imbasnya..tetapi ini sudah karakternya apache, lama2 terbiasa dan tidak mengganggu ko..apalagi sudah pakai raiser dan stang turing

    Kemudian untuk ban..WAJIB ganti, jangan pakai ban standard…licin sekali.

    wah kalau tanda obeng sudah keluar, coba dibawa ke beres bro..minta di check up ituberarti.

    soal tarikan..sudah tidak ada keraguan lagi, sudah banyak reviewnya di beberapa blog. Top speed kondisi standarpun lumayan, 120 – 127 km/jam..tp yang penting adalah safety riding dan brotherhood bukan??

    Salam Biker

  7. mending servis dulu aja bro/….. 3000km udah servis berapa kali dia tuh???
    mesin gak beres, konsumsi bbm gak beres….apache itu irit lho harusnya

Tinggalkan Balasan